Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Tingkatkan Kualitas Video, Jadi Lebih Bagus?

Kompas.com - 27/09/2021, 16:08 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Video yang diunggah ke Twitter selama ini memiliki kualitas yang kurang bagus. Twitter pun menyadari hal tersebut dan belakangan menerapkan upaya peningkatan. Hal tersebut disampaikan oleh Twitter pada pekan lalu lewat akun @TwitterSupport.

"Video yang Anda unggah akan tampak tidak terlalu pixelated sehingga menghasilkan pengalaman menonton yang lebih baik," kicau @TwitterSupport. Efek pixelated ini sebelumnya membuat video di Twitter terlihat buram dan kotak-kotak.

Baca juga: Twitter Tips Meluncur di Indonesia, Kreator Bisa Dapat Uang dari Follower

Menurut penjelasan Twitter, peningkatan kualitas dilakukan dengan cara memangkas langkah pre-processing saat pengguna mengunggah video.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (27/9/2021), pre-processing di Twitter memotong-motong video pengguna menjadi beberapa bagian agar lebih mudah diproses. Langkah tersebut ikut mengurangi kualitas video.

Setelah ditingkatkan, sebagian pengguna menilai kualitas video di Twitter hampir tak berubah dibanding sebelumnya, meskipun masih belum sebagus tampilan video HD di platform lain seperti YouTube. 

Namun, sebagian pengguna lain mengaku efek kompresi menjadi berkurang, terutama saat video dilihat secara full-screen. Selain itu, kualitas video juga dilaporkan berubah dengan lebih cepat (menjadi lebih tinggi), saat pengguna beralih ke mode full-screen.


Twitter mengatakan bahwa peningkatan kualitas video akan berlaku untuk semua pengguna, tapi hanya untuk video yang baru diunggah, tidak untuk video yang dii-upload sebelum peningkatan dilakukan.

Baca juga: Sempat Ditutup, Program Centang Biru Twitter Sudah Dibuka Lagi

Untuk saat ini, disebutkan bahwa peningkatan kualitas belum diterapkan di Twitter Media studio, sebuah tool yang memungkinkan pengguna mengakses semua video yang pernah diunggah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com