Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi PON XX Papua, Kominfo Siapkan Jalur Kabel Laut Baru

Kompas.com - 27/09/2021, 18:21 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), menyiapkan serangkaian langkah demi mengantisipasi adanya gangguan jaringan telekomunikasi di Papua dan Papua Barat selama PON XX 2021 berjalan.

Menurut Menteri Kominfo Johnny G. Plate, pihaknya saat ini tengah menyiapkan rute baru kabel laut fiber optik di kedalaman 4.000 meter bagian utara Jayapura, Papua.

"Jaringan tersebut untuk menyediakan layanan 4G yang berkualitas saat PON XX 2021 berlangsung," ungkap Johnny dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Senin (27/9/2021).

Baca juga: Indonesia Bakal Punya Jalan Tol 5G hingga 1.300 MHz Pada 2024

Johnny juga menegaskan bahwa Kominfo telah berkoordinasi dengan operator seluler untuk memastikan untuk menjaga kualitas agar jaringan telekomunikasi selama berjalannya PON XX 2021.

Selain membuat rute jaringan baru, Kominfo juga menyiapkan jalur cadangan jika sewaktu-waktu terjadi gangguan.

Adapun jalur cadangan tersebut mencakup wilayah Jayapura-Madang-Port Moresby-Guam-Manado sebagai alternatif pertama. Kemudian wilayah Jayapura-Madang-Port Moresby-Sydney-Batam sebagai alternatif kedua.

"Kami siapkan untuk mengantisipasi jika terjadi gangguan telekomunikasi akibat dari kejadian alam, seperti aktivitas vulkanis bawah laut yang akan mengganggu keseluruhan jaringan maupun akibat dari ulah manusia sendiri," pungkas Johnny.

Baca juga: Mengenal Jaringan Kabel Bawah Laut, Jalan Tol Internet Dunia

Menurut Johnny, selain PON XX 2021, layanan telekomunikasi tersebut juga dibuat untuk mendukung Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI tahun 2021 di Provinsi Papua.

PON XX Papua 2021 akan dilangsungkan pada 2-15 Oktober 2021. Ada empat klaster penyelenggara yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Data terkini menunjukkan PON XX Papua 2021 akan menggelar 37 cabang olahraga pertandingan, 56 disiplin cabang olahraga, dan 679 nomor pertandingan atau perlombaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com