YouTube Premium Kini Bisa Download Video ke Laptop

Kompas.com - 27/09/2021, 19:09 WIB
Ilustrasi YouTube businessinsider.comIlustrasi YouTube
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - YouTube tengah menguji coba fitur download video ke laptop bagi pelanggan YouTube Premium. Uji coba ini akan dilakukan hingga tanggal 19 Oktober 2021 mendatang.

Kemunculan fitur download itu pertama kali ditemukan oleh pelanggan YouTube Premium yang berada di India dan Perancis. Kemungkinan, fitur ini juga tersedia bagi pelanggan YouTube Premium di sejumlah negara lainnya.

Baca juga: YouTube Pangkas Syarat Jumlah Subscriber untuk Akses Fitur Community

Pelanggan YouTube Premium bisa mengaktifkan fitur Download tersebut dengan cara mengunjungi halaman YouTube Experimental melalui link ini.

YouTube ujicoba fitur download untuk pelanggan Premiumandroidpolice.com YouTube ujicoba fitur download untuk pelanggan Premium

Di sana, Pengguna bisa langsung meng-klik tombol "Try It Out" untuk menjajal fitur Download di YouTube melalui komputer, seperti laptop maupun PC desktop

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika sudah, opsi "Download" akan ditampilkan di bawah jendela video YouTube versi web, tepat di samping kanan tombol "Share". Pengguna dapat memilih resolusi video untuk diunduh, hingga maksimal 1080p.

Baca juga: Cara Menggunakan Picture-in-Picture YouTube di Laptop, Android, dan iOS

Sebelum bisa menggunakan fitur download video ini, pelanggan YouTube Premium mesti mengikuti eksperimen fitur Picture-in-Picture terlebih dahulu.

Dengan cara men-download video YouTube ini, pengguna bisa menonton konten tersebut secara offline, tanpa harus terhubung ke internet.

YouTube ujicoba fitur download untuk pelanggan Premiumandroidpolice.com YouTube ujicoba fitur download untuk pelanggan Premium

Sayangnya, pengguna tidak bisa menonton video yang di-download sembari membuka aplikasi lainnya secara bersamaan. Sebab, fitur Picture in Picture (PiP) akan di-nonaktifkan secara otomatis, jika pengguna sedang menonton video tersebut.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Police, Senin (27/9/2021), fitur Download ini tersedia untuk pengguna YouTube Premium berbasis Windows, MacOS, dan ChromeOS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.