Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartwatch Oppo Watch Free Meluncur, Harga Rp 1 Jutaan

Kompas.com - 27/09/2021, 19:26 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Oppo kembali meluncurkan arloji pintar (smartwatch) terbarunya yang diberi nama Oppo Watch Free. Perangkat ini memulai debutnya di pasar negara China.

Oppo Watch Free hadir dengan sejumlah fitur menarik, salah satunya yaitu dukungan Mode eSport.

Saat mode ini diaktifkan, nantinya semua notifikasi ataupun peringatan di ponsel akan secara otomatis ditampilkan dalam layar smartwatch Oppo Watch Free.

Karena merupakan fitur baru, mode eSport sementara baru mendukung sejumlah ponsel saja, yaitu ponsel Oppo seri Find X3 dan seri Reno6. Dukungan untuk seri ponsel lainnya akan ditambah di kemudian hari.

Baca juga: Oppo Watch 2 Resmi Meluncur, Ada Dua Versi dan Lebih Ringan

Soal spesifikasi, Oppo Watch Free mengusung layar AMOLED 1,64 inci dengan kerapatan piksel 326 ppi (pixel per inch) dan mengadopsi standar warna DCI-P3.

Bagian tali (strap) jam tangan cerdas ini terbuat dari bahan silikon dan memiliki tekstur kulit yang diklaim Oppo nyaman, meskipun digunakan pada saat tidur.

Seperti smartwatch pada umumnya, Oppo Watch Free turut mendukung fitur pelacak detak jantung. Nantinya, Oppo Watch Free akan menampilkan lima pengukuran detak jantung secara real-time.

Pengguna Oppo Watch Free juga akan menerima pemberitahuan apabila detak jantung mereka terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Oppo Watch Free memiliki beberapa sensor yang dapat merekam segala kegiatan olahraga lebih dari 100 mode, seperti kriket, skipping, melompat, panah, ski, bola voli, kayak, bulu tangkis, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Inikah Smartwatch Pertama Buatan Facebook?

Namun, hanya ada empat mode olahraga yang bisa dilacak secara otomatis, di antaranya yaitu berlari, berjalan, mendayung, dan elips. Bahkan, ada pula "instruktur" yang bisa menjadi acuan saat berlari.

Oppo Watch Freegizmochina.com Oppo Watch Free

Selain itu, Oppo Watch Free juga bisa digunakan untuk memantau kualitas tidur, mendeteksi dengkuran, mengatur pemutaran musik, serta dukungan fitur pembayaran WeChat dan Alipay.

Sama halnya dengan smartphone kekinian, Oppo Watch Free turut dibekali fitur NFC yang berguna untuk melakukan transaksi nontunai (cashless) ataupun untuk menyimpan kartu bus dan kartu bank digital.

Apabila tidak ingin "diganggu" dengan notifikasi yang masuk, pengguna bisa mengaktifkan mode Do Not Disturb melalui smartphone.

Baca juga: 5 Merek Smartwatch Terpopuler Saat Ini, Apple Teratas

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Senin (27/9/2021), Oppo Watch Free dibekali dengan baterai berkapasitas 230 mAh yang diklaim dapat bertahan hingga 14 hari pemakaian.

Adapun fitur lainnya mencakup asisten suara Oppo Breeno, Bluetooth 5.0, dan dukungan ponsel Android minimal versi 6.0 atau yang lebih baru, serta perangkat yang menjalankan iOS 10.0 dan yang lebih baru.

Di China, Oppo Watch Free baru akan dijual pada 30 September 2021 dan tersedia dalam dua varian warna, yakni Quicksand Gold dan Silent Night Black.

Perangkat ini sendiri dibanderol seharga 549 Yuan (sekitar Rp 1,2 juta) untuk versi standar dan 599 Yuan (sekitar Rp 1,3 juta) untuk model NFC.

Hingga saat ini, belum ada informasi apakah Oppo Watch Free juga akan dipasarkan di Indonesia atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com