Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa iPhone Pakai Colokan USB Lightning, Bukan USB-C?

Kompas.com - 28/09/2021, 10:07 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Meski sebagian besar smartphone masa kini, terutama perangkat dengan sistem operasi (OS) Android, telah beralih ke konektor USB-C, namun ponsel terbaru Apple, iPhone 13 belum juga beralih dari konektor USB Lightning.

Sejauh ini, Apple belum memberikan alasan komprehensif, mengapa iPhone pakai colokan USB Lightning, bukan USB-C.

Apple hanya mengatakan bahwa penggantian konektor dari Lightning ke USB-C justru akan menambah jumlah sampah elektronik, karena pengguna baru iPhone harus membeli kabel data baru berjenis USB-C, alih-alih Lightning yang mungkin sudah dimiliki.

Namun, menurut beberapa laporan, keputusan Apple masih menggunakan konektor Lightning di jajaran iPhone mereka agaknya berhubungan dengan potensi keuntungan yang bisa dihasilkan dari bisnis aksesori. 

Baca juga: iPhone Keluaran Eropa Diwajibkan Pakai USB Tipe C

Sebab, karena iPhone 13 masih menggunakan konektor Lightning, maka Apple sejatinya bakal mendapatkan keuntungan dari pengguna yang membeli aksesori pendukung ponsel tersebut.

Beberapa di antaranya mencakup aneka adapter Lightning, kabel data orisinal, USB dongle, dan beragam aksesori buatan Apple lannya.

Selain itu, mereka juga bakal mendapatkan biaya lisensi dari para vendor MFi (Made For iPhone/iPod/iPad) yang membuat produk adapter atau kabel data yang mengadopsi konektor Lightning.

Jika konektor Lightning di iPhone ditiadakan dan diganti dengan USB-C, maka Apple sejatinya bakal kehilangan salah satu sumber pendapatan dari segmen aksesori.

Terlebih, hak istimewa untuk menyeleksi aksesori mana saja yang bisa terhubung dengan iPhone dan ekosistem Apple lainnya tentunya perlahan akan sirna.

Baca juga: iPhone Bukan Ponsel Pertama Tanpa Colokan Earphone

Pasalnya, kehadiran USB-C akan turut membuat iPhone bisa dipasangkan dengan beragam aksesori yang tersedia di pasaran dari berbagai merek, mulai dari keyboard, mouse, gamepad, USB drive, dan lain sebagainya.

Masih ada MagSafe

Apple MagSafe WalletApple Insider Apple MagSafe Wallet

Meski demikian, masih ada satu cara bagi Apple untuk mendulang keuntungan, apabila mereka berniat untuk melenyapkan konektor Lightning sepenuhnya, yaitu menggantinya dengan metode pengisian daya wireless.

Dengan begitu, secara perlahan Apple bisa mengarahkan masyarakat untuk beralih ke pengisi daya nirkabel.

Apalagi, tahun lalu Apple sudah memperkenalkan aksesori baru berupa powerbank (battery pack) MagSafe kala merilis iPhone 12.

MagSafe dirancang sedemikian rupa agar bisa menempel di unggung iPhone untuk melakukan pengisian daya secara nirkabel.

Baca juga: Studi: Wireless Charging Bisa Mengurangi Umur Baterai Ponsel

Halaman:
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com