Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa iPhone Pakai Colokan USB Lightning, Bukan USB-C?

Kompas.com - 28/09/2021, 10:07 WIB

KOMPAS.com - Meski sebagian besar smartphone masa kini, terutama perangkat dengan sistem operasi (OS) Android, telah beralih ke konektor USB-C, namun ponsel terbaru Apple, iPhone 13 belum juga beralih dari konektor USB Lightning.

Sejauh ini, Apple belum memberikan alasan komprehensif, mengapa iPhone pakai colokan USB Lightning, bukan USB-C.

Apple hanya mengatakan bahwa penggantian konektor dari Lightning ke USB-C justru akan menambah jumlah sampah elektronik, karena pengguna baru iPhone harus membeli kabel data baru berjenis USB-C, alih-alih Lightning yang mungkin sudah dimiliki.

Namun, menurut beberapa laporan, keputusan Apple masih menggunakan konektor Lightning di jajaran iPhone mereka agaknya berhubungan dengan potensi keuntungan yang bisa dihasilkan dari bisnis aksesori. 

Baca juga: iPhone Keluaran Eropa Diwajibkan Pakai USB Tipe C

Sebab, karena iPhone 13 masih menggunakan konektor Lightning, maka Apple sejatinya bakal mendapatkan keuntungan dari pengguna yang membeli aksesori pendukung ponsel tersebut.

Beberapa di antaranya mencakup aneka adapter Lightning, kabel data orisinal, USB dongle, dan beragam aksesori buatan Apple lannya.

Selain itu, mereka juga bakal mendapatkan biaya lisensi dari para vendor MFi (Made For iPhone/iPod/iPad) yang membuat produk adapter atau kabel data yang mengadopsi konektor Lightning.

Jika konektor Lightning di iPhone ditiadakan dan diganti dengan USB-C, maka Apple sejatinya bakal kehilangan salah satu sumber pendapatan dari segmen aksesori.

Terlebih, hak istimewa untuk menyeleksi aksesori mana saja yang bisa terhubung dengan iPhone dan ekosistem Apple lainnya tentunya perlahan akan sirna.

Baca juga: iPhone Bukan Ponsel Pertama Tanpa Colokan Earphone

Pasalnya, kehadiran USB-C akan turut membuat iPhone bisa dipasangkan dengan beragam aksesori yang tersedia di pasaran dari berbagai merek, mulai dari keyboard, mouse, gamepad, USB drive, dan lain sebagainya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.