Cara Membuat Link Undangan Google Meet di HP Android dan iPhone

Kompas.com - 28/09/2021, 11:06 WIB
Ilustrasi Google Meet mashable.comIlustrasi Google Meet

KOMPAS.com - Google Meet merupakan salah satu aplikasi video confrence yang banyak digunakan sebagai sarana tatap muka dari rumah. Google Meet kerap digunakan untuk melakukan rapat hingga belajar secara virtual. 

Meski sudah banyak digunakan, tak sedikit pengguna yang masih kebingungan untuk membuat link undangan rapat di Google Meet khususnya di handphone.

Padahal, caranya terbilang mudah. Pengguna dapat mengundang orang lain untuk mengikuti rapat di Google Meet ketika rapat masih belum dimulai, ataupun saat rapat sudah berlangsung.

Baca juga: Cara Angkat Tangan di Google Meet HP Android dan iOS

Nah untuk mengetahui cara membuat link undangan di Google Meet, silakan simak langkah berikut ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Support Google, Selasa (28/9/2021).

Cara bikin link undangan Google Meet di Android dan iOS

Pengguna ponsel Android dan iOS dapat mengunduh aplikasi Google Meet di Google Play Store dan App Store melalui tautan berikut ini.

Setelah selesai diunduh, buka aplikasi Google Meet dan pilih opsi "New meeting" untuk memulai rapat baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selanjutnya, pengguna dapat menekan opsi "Get a meeting link to share" untuk membuat link rapat yang dapat dibagikan ke orang lain.

Pengguna dapat membagikan link tersebut dengan cara memilih opsi "Share invitation" dan tekan tombol "Join" untuk bergabung ke rapat.

Baca juga: Fitur Baru Google Meet Bikin Ganti Background Lebih Cepat

Cara undang rapat instan Google Meet di Android dan iOS

Selain cara di atas, pengguna ponsel Android dan iOS juga bisa melakukan cara lain. Langkah awal yang dilakukan, buka aplikasi Google Meet yang sudah terpasang di ponsel.

Kemudian, pilih opsi "Start an instant meeting" untuk membuat ruang rapat online secara instan.

Setelah ruang rapat online dibuat, pengguna dapat menekan tombol "Share invite" untuk mengundang orang lain bergabung ke dalam rapat. Pengguna bisa membagikan link undangan tersebut melalui e-mail maupun pesan instan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.