Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Pertama Menjajal Xiaomi Pad 5, Tablet Android Mirip iPad Pro

Kompas.com - 28/09/2021, 12:05 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari ini, Selasa (28/9/2021), Xiaomi resmi melakukan penjualan perdana tablet teranyarnya, Xiaomi Pad 5, di Indonesia.

Perangkat tablet suksesor Mi Pad 4 Series tersebut tersedia dalam warna Cosmic Gray dan Pearl White, dan hanya tersedia dalam varian "Wi-Fi only" saja, tanpa konektivitas seluler.

Banderol Xiaomi Pad 5 dipatok sebesar Rp 4.999.000 dan tersedia mulai hari ini tepat pukul 12.00 WIB di Mi.com dan toko resmi Xiaomi lainnya, baik offline maupun online.

Sebelum resmi dijual, KompasTekno berkesempatan untuk menggenggam dan merasakan bagaimana pengalaman memakai tablet Xiaomi generasi teranyar ini untuk pertama kalinya.

Layar lega

Hal yang paling mencolok di Xiaomi Pad 5 adalah layarnya yang kini lebih lega dibanding pendahulunya. Perangkat tablet ini mengusung panel IPS LCD dengan ukuran 11 inci dan resolusi WQHD Plus.

Xiaomi Pad 5 digunakan untuk menonton Netflix.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Xiaomi Pad 5 digunakan untuk menonton Netflix.
Karena lega, pengalaman menonton di berbagai aplikasi streaming video pun terasa lebih menyenangkan, apalagi keempat sisi layar tersebut kini lebih tipis, tidak seperti Mi Pad 4 yang bagian bezel atas dan bawahnya tebal.

Selain itu, layarnya juga mendukung refresh rate 120 Hz dengan tingkat kerapatan piksel 275 ppi, Dolby Vision, HDR10, teknologi True display, dan tingkat kecerahan hingga 650 nits.

Dengan refresh rate 120 Hz, konten yang ditampilkan tablet begitu juga navigasi antarmenu, bakal lebih mulus dibanding layar standar 60 Hz.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Xiaomi Pad 5 di Indonesia

Kemudian, karena tingkat kecerahannya mencapai 650 nits, konten yang ditampilkan layar juga masih bisa dilihat dengan cukup jelas, apabila tablet digunakan di bawah sinar matahari terik.

Secara desain, Xiaomi Pad 5 terkesan seperti tablet mewah, meski harganya "hanya" Rp 5 jutaan. Pasalnya, perangkat ini terlihat mirip dengan iPad Pro (11 inci) besutan Apple yang harganya belasan juta rupiah.

Bagian bingkai bawah Xiaomi Pad 5 yang dihiasi dengan dua buah speaker, satu lubang mikrofon, dan konektor USB tipe-C.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Bagian bingkai bawah Xiaomi Pad 5 yang dihiasi dengan dua buah speaker, satu lubang mikrofon, dan konektor USB tipe-C.
Bisa dibilang mirip lantaran keempat sisi bingkai pada kedua tablet tersebut rata, tidak melengkung (curved) seperti Mi Pad 4 Series sebelumnya.

Selain itu, keempat ujung bingkai pada kedua tablet itu juga dibuat nyaris menyiku (squared), alih-alih membulat (rounded) seperti generasi sebelumnya.

Di sisi-sisi bingkainya, tablet ini dibekali dengan tombol volume, lubang mikrofon, dan modul magnet untuk menempelkan aksesori stylus Smart Pen di bagian kanan.

Sedangkan di sisi kiri terdapat port untuk menyambungkan aksesori Xiaomi Keyboard.

Di bingkai bagian atas terdapat dua speaker grill serta satu lubang mikrofon. Keduanya juga tersedia di bingkai bagian bawah, disertai dengan pelengkap konektor USB tipe C.

Baca juga: Membuka Kemasan Xiaomi Pad 5, Tablet Android 11 Inci Seharga Rp 5 Juta

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com