Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penambang Bitcoin Beli Pembangkit Listrik Sendiri untuk Mining

Kompas.com - 28/09/2021, 15:01 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi bahwa aktivitas penambangan (mining) mata uang kripto atau cryptocurrency membutuhkan listrik yang tidak sedikit sehingga ikut berkontribusi terhadap kerusakan lingkungan. 

Belakangan, untuk memenuhi kebutuhan listriknya, sebuah holding company penambang Bitcoin bernama Stronghold Digital Mining yang berbasis di Pennsylvania, AS, memutuskan untuk membeli pembangkit listrik sendiri.

Pembangkit listrik bernama Scrubgrass Power Plant itu bertenaga uap  (PLTU) yang menggunakan bahan bakar berupa limbah batubara. Scrubgrass dibeli oleh Stronghold pada pertengahan 2021. Nilai pembeliannya tidak dirinci.  

Baca juga: Berapa Listrik yang Dihabiskan untuk Menambang 1 Keping Bitcoin?

Scrubgrass Power Plant membakar limbah bekas penambangan batu bara sebanyak 600.000 ton per tahun. Listrik yang dihasilkannya saat ini cukup untuk menghidupkan 1.800 komputer mining yang ditempatkan dalam peti-peti kontainer di sebelah pembangkit listrik. 

Tak hanya satu, pada Agustus lalu, Stronghold juga telah membeli pembangkit listrik kedua bernama Panther Creek Power Plant yang berada di satu wilayah dengan yang pertama.

Selain itu, mereka juga berencana untuk membeli pembangkit listrik ketiga yang nama dan lokasinya belum diungkapkan.  Dengan ketiga pembangkit listrik ini, Stronghold berencana mengoperasikan sebanyak 57.000 komputer penambang Bitcoin pada akhir 2022. 

Konsumsi listrik untuk penambangan Bitcoin sendiri sempat disinggung oleh berbagai pihak. Pasalnya, energi lsitrik yang digunakan akan turut meningkatkan emisi karbon di udara, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mashable, Selasa (28/9/2021).

Baca juga: Seperti Inilah Borosnya Listrik Penambangan Bitcoin

Berdasarkan data Bitcoin Energy Consumption Index dari Digiconomist per September 2021, pemakaian listrik untuk kegiatan penambangan Bitcoin saat ini diperkirakan mencapai 166,40 Terra Watt per jam (TWh) per tahun.

Pemakaian listrik sebesar itu akan turut menghasilkan emisi karbon (CO2) sebesar 79 metrik ton (Mt), dan 22,93 kiloton (kt) limbah elektronik (e-waste).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com