Internet IndiHome Sering Gangguan, YLKI Minta Telkom Diaudit

Kompas.com - 28/09/2021, 18:02 WIB
Petugas teknisi sebagai garda terdepan IndiHome yang setia melayani masyarakat di seluruh pelosok negeri dalam hal layanan digital. Dok. IndiHomePetugas teknisi sebagai garda terdepan IndiHome yang setia melayani masyarakat di seluruh pelosok negeri dalam hal layanan digital.

KOMPAS.com - Layanan internet IndiHome mengalami gangguan sejak Minggu (19/9/2021) lalu dan berlangsung selama lima hari.

Menurut PT Telkom, masalah pada sistem komunikasi kabel laut Jasuka (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan) di ruas Batam-Pontianak, menjadi sumber gangguan di layanan fixed broadband (IndiHome) dan mobile broadband (Telkomsel).

Ini bukanlah kali pertama koneksi internet milik Telkom mengalami gangguan di tahun ini. Pada Mei lalu, kabel laut Telkom Jayapura di titik 360 kilometer juga dilaporkan putus. Saat itu, layanan internet milik Telkom di Jayapura dan sekitarnya mengalami gangguan.

Baca juga: Viral Video Penyelam Terjun ke Laut Perbaiki Kabel Telkom, Ini Faktanya

Melihat gangguan IndiHome dan layanan Telkom lain yang sering terjadi, Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Agus Suyatno mengusulkan agar manajemen PT Telkom diaudit.

"Manajemen PT Telkom perlu diaudit. Ini bukan kejadian pertama, jadi gangguan yang menurut kami fatal, bukan terjadi sekali tahun ini," jelas Agus ketika dihubungi KompasTekno.

Tidak hanya tahun ini, tahun lalu setidaknya ada dua kali laporan gangguan layanan internet milik PT Telkom yang tercatat. Pertama terjadi di bulan Juli 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat itu, pihak Telkom mengatakan kendala teknis di perangkat transmisi megakibatkan penurunan kualitas layanan di sebagian wilayah. Telkom mengklaim gangguan hanya terjadi lima menit.

Laporan kedua terjadi bulan berikutnya, yakni 13 Agustus 2020. Gangguan diklaim terjadi sekitar 10 menit dan belum diketahui apa penyebabnya.

"Perlu diaudit internal di manajemennya, apakah kemudain ada yang bertanggungjawab atas kesalahan, atau pelayanan yang tidak baik ini," jelas Agus.

Baca juga: Soal Ganti Rugi, Ini Ketentuannya di Kontrak Langganan Telkom Indihome

Gangguan yang terjadi di bulan September 2021 cukup berlangsung lama. Dari pantauan KompasTekno, setidaknya gangguan dirasakan pelanggan IndiHome sekitar lima hari.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.