Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Lipat Samsung Laris, Nasib Galaxy S21 FE Miris

Kompas.com - 29/09/2021, 12:06 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mendekati penghujung tahun, nasib Galaxy S21 FE (Fan Editions) belum juga jelas. Galaxy S21 FE sempat disebut-sebut akan disetop produksinya karena krisis chip.

Beberapa bocoran mengindikasikan masih ada harapan untuk Galaxy S21 FE bisa dirilis pada kuartal-IV tahun ini.

Namun, kabar terakhir justru berkata sebaliknya. Galaxy S21 FE kemungkinan akan benar-benar batal dirilis sesuai rencana, menurut laporan dari media lokal Korea Selatan, DDaily. Kabar ini turut dikonfirmasi seorang sumber dari Samsung. 

Baca juga: Tampang Galaxy S21 FE Makin Jelas Terlihat dalam Gambar 3D

"Kami membatalkan acara Galaxy S21 FE Unpack secara online yang rencananya digelar pertengahan Oktober. Kami sedang meninjau peluncuran smartphone itu sendiri," kata sumber itu kepada DDaily, setelah dialihbahasakan.

Laporan tersebut kembali mengemukakan alasan yang sama terkait batalnya produksi Galaxy S21 FE, yakni krisis kelangkaan chip. Selain itu, kesuksesan Galaxy Z Flip 3 disinyalir juga menjadi pertimbangan lain Samsung untuk membatalkan Galaxy S21 FE.

Menurut laporan Korean Herald, pemesanan Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 mencapai dua kali lipat lebih banyak dibanding Galaxy S21.

Tingginya permintaan membuat Samsung memprioritaskan sumber dayanya untuk Galaxy Z Flip3 dibanding Galaxy S21 FE, terutama di tengah-tengah krisis chip yang belum usai.

Namun, tidak menutup kemungkinan, Galaxy S21 FE tidak sepenuhnya dibatalkan namun hanya menunda peluncuran.

Baca juga: Pre-order Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3, 8 Kali Lipat dan Diminati Milenial Indonesia

Ada kemungkinan Galaxy S21 FE tetap diluncurkan setelah krisis chip mulai teratasi, meskipun peluncuran Galaxy S22 tidak lama lagi, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Screen Rant, Rabu (29/9/2021).

Biasanya, Samsung merilis Galaxy S series di awal tahun. Kabarnya, Galaxy S22 akan dirilis bulan Februari 2022.

Bocoran spesifikasi Galaxy S21 FE

Bocoran listing Google Play Store console yang memuat spesifikasi Samsung Galaxy S21 FEPhone Arena Bocoran listing Google Play Store console yang memuat spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE

Meskipun nasibnya masih simpang siur, bocoran Galaxy S21 FE sudah banyak beredar di internet. Dari bocoran yang tersebar, tampak desain Galaxy S21 FE mirip dengan Galaxy S21 reguler yang memiliki tiga modul kamera belakang yang tersusun secara vertikal.

Ketiga kamera belakang Galaxy S21 FE konon terdiri dari kamera utama 32 MP, kamera ultra wide 12 MP, dan kamera telefoto 8 MP.

Baca juga: Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE Terungkap

Ponsel ini juga terlihat menggunakan desain Infinity-O dengan sebuah lubang kamera depan di bagian atas layar. Meski begitu, belum diketahui berapa resolusi kamera depan dari Galaxy S21 FE.

Belakangan, Galaxy S21 SE muncul pula dalam sebuah listing Google Play Store Console yang memaparkan sebagian spesifikasinya.

Ponsel ini disebut akan ditenagai chip Qualcomm Snapdragon 888 (SM8350).

Rumor yang beredar sebelumnya juga menyebutkan kemungkinan digunakannya chip buatan Samsung sendiri, Exynos 2100, pada Galaxy S21 FE. Kapasitas RAM kabarnya adalah 6 GB/ 8 GB, sementara storage 128 GB/ 256 GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com