Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rating Genshin Impact di Google Play Store Terjun Bebas, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 29/09/2021, 12:31 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Game petualangan Genshin Impact merayakan ulang tahun yang pertama pada Selasa (28/9/2021). Untuk memeriahkan momen tersebut, Mihoyo, selaku developer menghadirkan sejumlah event untuk para pemain.

Salah satu yang bisa diikuti dengan mudah adalah event login harian, di mana pemain bisa masuk (login) ke dalam game selama tujuh hari berturut-turut untuk mendapatkan beragam hadiah gratis, mencakup:

  • Hari ke-1: Intertwined Fate x1
  • Hari ke-2: Mora x80,000
  • Hari ke-3: Intertwined Fate x2
  • Hari ke-4: Mythic Enhancement Ore x18
  • Hari ke-5: Intertwined Fate x2
  • Hari ke-6: Hero’s Wit x8
  • Hari ke-7: Intertwined Fate x5

Meski demikian, sejumlah penggemar tampak kecewa dengan event serta beragam hadiah yang diberikan Mihoyo tersebut.

Baca juga: Ulang Tahun Pertama, Genshin Impact Bagi-bagi Primogems dan Intertwined Fate Gratis

Para pemain bahkan memberi rating rendah untuk Genshin Impact di toko aplikasi Google Play Store hingga game ini terjun ke kisaran 2 bintang.

Padahal, sebelum event ulang tahun digulirkan, game ini sempat mendapatkan rating di atas 4 bintang.

Ulasan game Genshin Impact di Google Play Store. Bisa dilihat, sebagian besar mengeluh karena hadiah ulang tahun sedikit.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Ulasan game Genshin Impact di Google Play Store. Bisa dilihat, sebagian besar mengeluh karena hadiah ulang tahun sedikit.
Di dalam kolom ulasan, sebagian besar pengguna melontarkan kekesalannya atas event dan hadiah gratis yang diberikan Mihoyo kepada para pemainnya.

Sebab, mereka berharap Mihoyo bakal memberikan hadiah yang lebih banyak, mengingat Genshin Impact merupakan game yang dianggap fenomenal dalam setahun belakangan, dan ini merupakan momen ulang tahunnya.

Selain itu, banyak juga yang menyebut bahwa Mihoyo adalah pengembang game yang pelit, meski pendapatan mereka dari in-app purchase sebenarnya sudah melampaui 1 miliar dolar AS (sekitar Rp 14,2 triliun) pada Maret lalu.

Baca juga: Genshin Impact dan League of Legends Wild Rift Dapat Penghargaan dari Apple

"Hadiah anniversary buruk," tulis seorang pengguna.

"Pengembang game ini semakin pelit seiring berjalannya waktu. Selain hadiahnya sedikit, beberapa event ulang tahun ini bahkan hanya bisa diikuti oleh pemain cosplayer atau artist saja," imbuh pengguna lainnya.

Sejumlah pengguna juga turut mengatakan bahwa Mihoyo sebaiknya mendengarkan keluhan dari para pemain Genshin Impact untuk meredam suasana.

Sejumlah pengguna tak masalah

Komentar pengguna Genshin Impact yang mengomentari komunitas yang berperilaku buruk (toxic).KOMPAS.com/BILL CLINTEN Komentar pengguna Genshin Impact yang mengomentari komunitas yang berperilaku buruk (toxic).
Di sisi lain, ternyata tak sedikit pemain yang tidak mempermasalahkan hadiah yang diberikan Mihoyo di event anniversary perdana Genshin Impact.

Beberapa dari mereka mengatakan bahwa pengguna yang mengeluh hanyalah pemain berperilaku buruk (toxic) yang memang rakus dan tidak puas dengan apa yang sudah diberikan.

Sebagian juga berpendapat bahwa pengguna yang mengeluh tidak bersyukur atas beberapa elemen di dalam game Genshin Impact, seperti alur cerita, karakter, kualitas visual, dan lain sebagainya, yang dibuat sebagus mungkin untuk memanjakan pengguna.

Baca juga: Studio Indonesia Bikin Project Buramato, Game Aksi Mirip Genshin Impact

"Jika Anda suka game ini, Anda sebaiknya tidak berperilaku dan berkomentar buruk," tutur seorang pengguna.

"Saya tidak peduli tentang hadiah anniversary karena saya sudah puas dengan kualitas visual dan alur cerita yang ditawarkan Genshin Impact," imbuh pengguna lainnya.

Rating di Apple App Store masih tinggi

Dari pantauan KompasTekno, rating Genshin Impact di Apple App Store masih tetap stabil dengan 4,7 dari 5 bintang.

Di kolom komentar pun tidak terlihat adanya pemain yang mengungkapkan kekesalan atas event dan hadiah ulang tahun pertama Genshin Impact yang tengah berlangsung.

Hingga berita ini ditulis, pihak Mihoyo sendiri tampaknya belum menanggapi kekecewaan para pemain Genshin Impact di atas tadi, baik melalui sebuah pengumuman di situs resminya atau di media sosial macam Facebook atau Twitter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com