Skema dan Harga Paket Data Telkomsel Orbit Berubah, Ini Detailnya

Kompas.com - 29/09/2021, 17:35 WIB
Telkomsel Orbit. Dok TelkomselTelkomsel Orbit.

KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel telah meluncurkan layanan Telkomsel Orbit pada Juli 2020 lalu. Orbit sendiri merupakan layanan internet rumah berbasis modem WiFi.

Semenjak diluncurkan, pelanggan biasanya dapat membeli empat varian paket data khusus Telkomsel Orbit dengan harga promo, mulai dari paling murah Rp 20.000 untuk paket data 10 GB, hingga paling mahal 130.000 untuk 100 GB.

Nah, memasuki bulan September 2021 ini, Telkomsel Orbit menyediakan skema dua paket data dengan harga yang baru, yakni harga paket untuk tiga bulan pertama setelah aktiviasi modem, dan harga paket untuk bulan keempat dan seterusnya.

Baca juga: Apa Bedanya Modem Wi-Fi Telkomsel Orbit Star 2 dan Orbit Max?

"Tahun ini, kami memiliki varian paket data baru. Dulu cuman ada empat, dan promo terus sepanjang tahun," kata Head of Home LTE Project Telkomsel, Arief Pradetya dalam acara virtual, Rabu (29/9/2021) sore.

Arief menjelaskan, skema harga paket tiga bulan pertama setelah aktiviasi modem Orbit, masih sama seperti harga paket data Orbit sebelumnya, sebagai berikut.

Paket Masa berlaku Harga
Orbit 10 GB 7 Hari Rp 20.000
Orbit 30 GB 30 Hari Rp 65.000
Orbit 50 GB 30 Hari Rp 80.000
Orbit 100 GB 30 Hari Rp 130.000

Namun, untuk paket data empat bulan sejak aktivasi dan seterusnya, kini berubah. Perubahan ini berlaku untuk pembelian paket data mulai September 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Arief merinci, setelah memasuki bulan keempat, pelanggan modem Orbit hanya bisa membeli enam varian paket data baru dengan banderol harga sebagai berikut.

Paket Masa berlaku Harga
Orbit 10 GB 7 Hari Rp 30.000
Orbit 35 GB 30 Hari Rp 80.000
Orbit 70 GB 30 Hari Rp 130.000
Orbit 100 GB 30 Hari Rp 175.000
Orbit 150 GB 30 Hari Rp 250.000
Orbit 250 GB 30 Hari Rp 400.000

Sebagaimana dihimpun dari blog resmi MyOrbit, khusus untuk paket data Orbit 100 GB, 150 GB, dan 250 GB, saat ini belum bisa dibeli menggunakan pulsa.

Pelanggan hanya bisa membeli paket data tersebut menggunakan metode pembayaran lainnya, termasuk dari saldo dompet digital atau transfer bank.

Alasan hadirkan skema paket baru

Arief menjelaskan, varian dan harga paket untuk tiga bulan pertama setelah aktiviasi modem sedianya selalu dijual dengan harga promo sepanjang satu tahun terakhir ini.

Sebenarnya harga asli empat varian paket data tersebut mencapai dua kali lipat lebih mahal dari harga yang tercantum. Rinciannya, harga normal empat paket tersebut adalah Rp 40.000 (10 GB),  Rp 130.000 (30 GB), Rp 165.000 (50 GB), dan 260.000 (100 GB).

Namun, Arief mengungkapkan, Telkomsel tak ingin menjual varian paket data Orbit harga normal tersebut.

Baca juga: Telkomsel Perkenalkan Orbit, Layanan Internet Rumah Tanpa Kabel

Alih-alih menjual varian paket dengan harga non-promo, Telkomsel memilih menghadirkan varian dan harga paket baru, yang bisa dibeli pelanggan untuk penggunaan di bulan keempat dan seterusnya.

"Kami melihat usage pelanggan kami dan memutuskan tidak non-promonya kami jual. Kami melakukan banyak adjustment, dan kami mencari mana yg paling cocok atau disukai oleh pelanggan dan menjualnya dengan harga yang lebih ekonomis," kata Arief.

Selain menghadirkan varian paket baru, kini pelanggan juga dipermudah untuk membeli paket data khusus Telkomsel Orbit. Menurut Arief, dulu pelanggan hanya bisa membeli paket data untuk modem Orbit melalui aplikasi My Orbit saja.

Namun kini, pelanggan dimungkinkan untuk membeli paket data Orbit melalui berbagai saluran pembelian, termasuk dari website www.myorbit.id, opsi gift pada aplikasi MyTelkomsel, opsi gift pada kode USSD *363#, outlet DigiPOS Aja!, dan asisten virtual Telkomsel.

Baca juga: Alasan Router WiFi Dilarang Berdekatan dengan Microwave

Di samping adanya varian paket data baru dan channel pemberian baru, Arief menegaskan tidak ada yang berubah dari layanan Telkomsel Orbit.

"Kami tetap pada konsepnya yakni tidak mengenal paket data malam dan pagi, jariangan 4G lokal atau nasional. Orbit tetap pada konsepnya simpel, paket data berlaku ke smua aplikasi, bisa dipakai sepanjang waktu dengan masa aktif tertentu," kata Arief.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.