Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Larang Anak di Bawah 16 Tahun Bikin Konten Live Streaming

Kompas.com - 29/09/2021, 18:02 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TechSpot

KOMPAS.com - China kembali membuat peraturan untuk membatasi kegiatan online anak muda. Awal pekan ini, pemerintah Negeri Tirai Bambu tersebut menerbitkan pedoman nasional tentang perkembangan anak.

Di dalamnya sebutkan bahwa operator penyedia layanan online, termasuk game online, streaming, hingga media sosial  harus membatasi waktu dan uang yang dihabiskan anak di bawah umur ketika sedang melakukan kegiatan secara online.

Operator juga tidak dibolehkan menerima pendaftaran remaja di bawah 16 tahun sebagai live streamer. Dengan kata lain, anak yang termasuk dalam kelompok usia tersebut dilarang melakukan siaran langsung via internet atau live streaming

Baca juga: Remaja di China Hanya Boleh Main TikTok 40 Menit Sehari

Demi dapat mewujudkan kebijakan ini, pemerintah China mengatakan bakal menerapkan sistem ID elektronik terpadu yang dapat memantau kegiatan anak-anak melalui akun online. 

Dengan sistem baru tersebut, pemerintah China mengklaim dapat meninjau konten dalam game online, membatasi waktu bermain, serta melindungi hak privasi yang mencakup informasi pribadi anak-anak.

Sebelumnya, pemerintah China telah menerbitkan sejumlah aturan untuk membatasi kegiatan online anak-anak. 

Pada Agustus lalu misalnya, remaja di bawah umur 18 tahun hanya diperbolehkan untuk bermain game selama satu jam, yakni pada pukul 8 hingga 9 malam, khusus pada hari Jumat, Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

Dampak yang besar langsung dirasakan pada pelaku industri game. Dalam 24 jam setelah kebijakan tersebut diterapkan, Tencent dan NetEase dilaporkan mengalami kerugian hingga lebih dari 60 miliar dollar AS (sekitar Rp 855 miliar).

Baca juga: China Perketat Aturan Main Game Online, 1 Jam Sehari di Akhir Pekan

Sebagainana dihimpun KompasTekno dari Techspot, Rabu (29/9/2021), meski mengalami kerugian yang tidak sedikit, pihak Tencent dan sejumlah perusahaan lain berjanji akan berusaha tunduk dalam peraturan yang diterapkan pemerintah China.

"Kami menghargai panduan dan instruksi dari regulator terkait dan akan bekerja keras untuk sepenuhnya mematuhi semua aturan yang berkaitan dengan kecanduan game remaja," kata Tencent dalam sebuah pernyataan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechSpot
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com