Update Skype Bikin Tampilan Lebih Segar dan Mirip Zoom

Kompas.com - 30/09/2021, 06:35 WIB
Ilustrasi fitur Call Stage di Skype yang memuat partisipan dalam bentuk galeri gambar yang disusun secara rapi. MicrosoftIlustrasi fitur Call Stage di Skype yang memuat partisipan dalam bentuk galeri gambar yang disusun secara rapi.

KOMPAS.com - Microsoft mengumumkan rencana untuk memperbarui, merombak desain, serta menghadirkan beragam fitur baru di aplikasi panggilan telepon dan video populer besutannya, Skype.

Salah satu yang bakal dirombak adalah tampilan fitur video konferensi ala Skype yang bernama Call Stage.

Nantinya, Call Stage bakal bisa memuat seluruh partisipan, termasuk pengguna, dalam sebuah tampilan galeri foto "kotak-kotak"yang sekilas mirip antarmuka di aplikasi Zoom.

Baca juga: Skype Bisa Buramkan Latar Belakang Saat Video Call, Begini Caranya

Mode tampilan ini akan bernama "Grid view", dan pengguna juga bisa memilih untuk memuat lebih banyak orang dalam satu tampilan sekaligus, dengan mengaktifkan mode "Large gallery".

Selain itu, pengguna juga bisa menentukan apakah video mereka boleh disertai dalam tampilan mode Grid view/Large gallery tadi atau tidak.

Mereka juga bisa membatasi tampilan Grid view ini hanya memuat partisipan yang menyalakan kameranya saja, sehingga tampilan mode Grid view/Large gallery terlihat lebih rapi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Desain Skype yang bakal diperbarui dengan latar belakang bubble percakapan yang lebih berwarna.Microsoft Desain Skype yang bakal diperbarui dengan latar belakang bubble percakapan yang lebih berwarna.

Masih di aspek desain, Microsoft juga bakal menerapkan pembaruan desain dengan ikon "Fluent Design" yang diklaim lebih segar, pilihan tema yang lebih bervariasi, serta latar belakang bubble percakapan yang bakal lebih berwarna.

Selain pembaruan di sektor desain, Microsoft turut menghadirkan fitur suara notifikasi yang bisa digonta-ganti, serta TwinCam yang memungkinkan pengguna memakai kamera smartphone mereka untuk melakukan panggilan video di Skype versi desktop.

Baca juga: Hangouts, Zoom, Skype, dan Webex, Mana yang Paling Irit Data?

Ada pula peningkatan perrforma aplikasi Skype versi Android yang diklaim 2.000 persen lebih baik, serta Skype versi desktop yang disebut bakal 30 persen lebih cepat dibanding versi sebelumnya.

Di samping itu semua, Microsoft juga berencana untuk menggulirkan dukungan pada Skype agar bisa diakses semua peramban yang tersedia saat ini. Sehingga, pengguna tak perlu repot mengunduh aplikasi Skype ketika ingin melakukan video call.

Seluruh fitur dan tampilan baru Skype ini, kecuali suara notifikasi yang bisa diganti tadi, bakal digulirkan ke pengguna dalam beberapa bulan ke depan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Kamis (30/9/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.