Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amazon Perkenalkan Astro, Robot Pintar Penjaga Rumah

Kompas.com - 30/09/2021, 07:38 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Amazon pekan ini menggelar sebuah acara di mana raksasa e-commerce tersebut memperkenalkan sejumlah produk baru. Salah satunya adalah Astro, robot imut beroda yang sedikit mirip dengan tokoh Wall-E di film Pixar.

Astro dirancang sebagai robot pintar yang bisa mengawasi keadaan rumah dengan kamera. Agar lebih bersahabat dengan pengguna, Astro diklaim memiliki "persona" unik, yang ditampilkan lewat hal-hal seperti sepasang "mata" di layar dan berbagai bebunyian.

Baca juga: Amazon Luncurkan Kindle Paperwhite Baru, Ini Harganya

Untuk melihat keadaan di rumah, Astro menggunakan kamera periskop (1080p, bidang pandang 132 derajat) yang menjulang dari punggungnya. Ketinggian kamera dapat diatur.

Ilustrasi robot Astro dari Amazon, berpatroli keliling rumah dengan kamera periskopAmazon Ilustrasi robot Astro dari Amazon, berpatroli keliling rumah dengan kamera periskop
Pengguna pun bisa mengarahkan robot ini untuk melihat keadaan rumah dari jauh, misalnya mengecek kompor.

Menurut Amazon, di aplikasi pendampingnya nanti juga ada perintah-perintah untuk mengecek ruangan di rumah, anggota keluarga, binatang peliharaan, atau benda-benda tertenti.

"Saat Anda sedang tidak di rumah, Ia akan berpatroli, menyelidiki aktivitas, serta mengirimkan notifikasi ke Anda apabila ada sesuatu yang tidak biasa," tulis Amazon. Pengguna juga bisa merekam video dari kamera Astro si robot.

Robot pintar buatan Amazon, AstroPocket lint Robot pintar buatan Amazon, Astro

Bagian "mata" Astro tak lain merupakan layar sentuh 10 inci (1.280 x 720 piksel) yang turut dibekali kamera 5 MP di bagian bingkainya.

Amazon mencontohkan beberapa skenario lain untuk penggunaan Astro. Misalnya, Astro bisa dipakai untuk melakukan video call sambil berjalan keliling rumah. Saat pengguna menghubungi seseorang di rumah, Astro juga bisa mencarinya untuk menerima panggilan.

Baca juga: Xiaomi Bikin Robot Anjing CyberDog, Dijual Rp 22 Juta

Untuks saat ini, Astro hanya bisa dipesan secara invite-only dengan mendaftar di situs Amazon. Harganya dipatok sebesar 1.000 dollar AS atau sekitar Rp 14,3 juta. Saat sudah dirilis secara meluas di kemudian waktu, harganya akan naik menjadi 1.450 dollar AS (Rp 20,8 juta).

Robot pintar buatan Amazon, AstroZDNet.com Robot pintar buatan Amazon, Astro

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com