Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 13 Dapat Sertifikat TKDN, Kapan Dijual di Indonesia?

Kompas.com - 30/09/2021, 15:13 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lini ponsel baru Apple, iPhone 13 segera masuk ke pasar Indonesia. Alasan ini diperkuat dengan terbitnya sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk iPhone 13.

Sertifikat TKDN iPhone 13 muncul di situs resmi Kemenperin, dengan nomor sertifikat 10422/SJ-IND.8/TKDN/9/2021, dan dikeluarkan pada 30 September 2021.

Pada kolom merek dan tipe, terdapat empat ponsel yang masing-masing telah mengantongi nilai TKDN 30 persen.

Baca juga: Beli iPhone 13 Sekarang atau Tunggu iPhone 14?

Adapun keempat tipe tersebut terdiri dari iPhone model A2628 (iPhone 13), iPhone model A2633 (iPhone 13 Mini), iPhone model A2638 (iPhone 13 Pro), dan iPhone model A2643 (iPhone 13 Pro Max).

Sertifikasi lini iPhone 13 muncul di laman TKDN KemenperinTKDN Kemenperin Sertifikasi lini iPhone 13 muncul di laman TKDN Kemenperin

Sebagai informasi, bobot TKDN minimum 30 persen adalah salah satu syarat bagi ponsel 4G untuk bisa dipasarkan di Indonesia.

Selain sertifikat TKDN, perangkat 4G yang beredar di Indonesia juga harus memiliki sertifikasi dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Berdasarkan pantauan KompasTekno di situs resmi Dirjen SDPPI, sertifikat untuk iPhone 13 belum muncul. Kemungkinan perangkat tersebut sedang menjalani pengujian.

Kapan dijual di Indonesia

Jika sertifikat tersebut diterbitkan pada September ini, kemungkinan besar iPhone 13 bakal masuk Indonesia pada akhir tahun di bulan Desember.

Baca juga: Menerka Harga iPhone 13 Saat Meluncur di Indonesia

Biasanya, berdasarkan penjualan iPhone di Indonesia di tahun-tahun sebelumnya, pemesanan hingga penjualan perdana iPhone baru akan berlangsung di pekan pertama hingga kedua bulan Desember.

Tentu perlu diingat, prediksi ini baru perkiraan berdasarkan jadwal penjualan seri iPhone dalam beberapa tahun ke belakang di Indonesia.

Informasi resmi biasanya baru akan diumumkan oleh distributor resmi Apple di Indonesia, seperti iBox (Erajaya Group) dan Digimap (MAP Group), setelah acara peluncuran global.

Spesifikasi iPhone 13, 13 Mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max

Apple sendiri telah meluncurkan jajaran iPhone 13 pada 14 September 2021 lalu. Keempat perangkat tersebut kompak ditenagai dengan chipset terkuat besutan perusahaan, Apple A15 Bionic, yang sudah dilengkapi dengan dukungan 5G.

Meski sama-sama dibekali dengan chipset Apple A15 Bionic dan telah mendukung jaringan 5G, keempat varian iPhone ini hadir dengan spesifikasi yang berbeda-beda.

Berbicara soal layar, iPhone 13 Mini, 13 reguler, 13 Pro, dan 13 Pro Max mengadopsi panel Super Retina XDR Display yang diklaim lebih terang dari generasi sebelumnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com