Samsung Bikin VoNR, Teknologi Panggilan Suara Penerus VoLTE

Kompas.com - 01/10/2021, 08:10 WIB
Ilustrasi Samsung User reuters.comIlustrasi Samsung User

KOMPAS.com - Samsung mengumumkan sedang mengembangkan teknologi baru, yakni VoNR (Voice over New Radio). Teknologi ini akan menjadi solusi panggilan suara di jaringan 5G.

VoNR bekerja seperti VoLTE (Voice over LTE) yang ada di jaringan 4G. Tanpa VoLTE, terkadang jaringan yang digunakan akan turun ke 3G atau 2G ketika perangkat melakukan panggilan suara.

Hal itu juga terjadi di jaringan 5G. Meskipun koneksi utama perangkat ada di jaringan 5G, koneksi akan turun ke layanan 4G saat melakukan panggilan telepon, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Sammobile.

Dengan VoNR, perangkat akan mengunci jaringan 5G ketika sedang melakukan panggilan suara. Sehingga, pengguna masih tetap bisa berselancar dengan internet atau bermain game online saat mengangkat telepon, sama seperti teknologi VoLTE.

Baca juga: Tingkatkan 4G, Telkomsel Andalkan VoLTE dan Open RAN

VoLTE sendiri selain memberikan kualitas HD Voice, layanan VoLTE juga memungkinkan pengguna bisa tetap terhubung dengan internet, meskipun ada panggilan seluler masuk.

Sebagai informasi tambahan, VoLTE sendiri berbeda dengan layanan WhatsApp, atau Line, Telegram dan sebagainya, meskipun sama-sama menggunakan data.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

VoLTE menggunakan data pada jaringan 4G LTE, yang mampu memberikan kualitas suara sekelas HD (high definiton), dengan beberapa keunggulan lain.

Samsung mengatakan, VoNR akan bisa digunakan seluruh produsen smartphone 5G dan operator seluler di seluruh dunia. Samsung berencana menawarkan solusi VoNR di dalam system on chip (SOC) 5G buatannya.

"Dengan peningkatan pengguna smartphone 5G, ada permintaan yang tinggi untuk beberapa teknologi dan layanan 5G. Kami akan terus memberikan teknologi komunikasi mobile generasi mutakhir, termasuk dukungan layanan VoNR, yang akan menyatukan pengguna lebih cepat," jelas Vice President System LSI Business Samsung Electronics, Jongham Kim dalam blog resmi Samsung.

Baca juga: Pelanggan Indosat Kini Bisa Nikmati Layanan VoLTE

VoNR juga disebut akan memberikan pengalaman koneksi panggilan yang lebih cepat dari generasi sebelumnya. Solusi VoNR yang dikembangkan Samsung turut mencakup IMS (IP multimedia Subsytem), Quality of Service (QoS), dan mekanisme pengalihan.

Halaman:


Sumber Samsung
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.