Spotify Rilis Fitur Polling dan Kolom Tanya-Jawab untuk Podcast

Kompas.com - 01/10/2021, 09:36 WIB
Fitur baru di Spotify, polling dan tanya-jawab yang bisa direspons pengguna ke podcast favorit mereka. SpotifyFitur baru di Spotify, polling dan tanya-jawab yang bisa direspons pengguna ke podcast favorit mereka.

KOMPAS.com - Layanan sreaming musik dan audio Spotify menambah fitur baru untuk membuat podcast lebih interaktif. Fitur baru tersebut adalah polling dan kolom tanya-jawab. Sebelumnya, fitur ini telah diuji coba dalam versi beta dan akhirnya resmi dirilis mulai hari ini.

Spotify mengatakan bahwa fitur ini telah tersedia bagi seluruh podcaster lewat aplikasi Anchor. Kreator yang ingin mempublikasi dan mendistribusikan podcast miliknya menggunakan Anchor bisa menambahkan polling atau tanya-jawab di episode baru mereka.

Baca juga: Spotify Blend Hadir di Indonesia, Bisa untuk Bikin Playlist Bareng Teman

Saat ini, Anchor baru mendukung penambahan satu polling atau satu tanya-jawab ke sebuah episode individual. Ketika episode tersebut tayang di Spotify, polling dan tanya-jawab akan muncul di sisi bawah laman episode podcast.

Pendengar kemudian bisa merespons polling atau pertanyaan yang dilempar podcaster. Setelah merespons polling, mereka dapat segera melihat hasil suara yang diberikan audiens lain.

Fitur tanya-jawab dan polling di aplikasi ANchor yang bisa ditambahkan oleh podcaster ke episode podcast baru mereka.Spotify Fitur tanya-jawab dan polling di aplikasi ANchor yang bisa ditambahkan oleh podcaster ke episode podcast baru mereka.

Sementara, jawaban dari pertanyaan akan dikirimkan secara pribadi ke podcaster. Podcaster bisa menyematkan respons tertentu untuk dimunculkan ke publik di bawah pertanyaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perlu diingat bahwa nama pendengar akan tercantum sehingga tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan identitas yang digunakan. Fitur ini tersedia di platform Android maupun iOS, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (1/1/2021).

Fitur tanya-jawab yang bisa ditambahkan kreator ke episode baru podcast mereka lewat aplikasi Anchor.Spotify Fitur tanya-jawab yang bisa ditambahkan kreator ke episode baru podcast mereka lewat aplikasi Anchor.

Selama masa uji coba, banyak podcaster yang menggunakan kolom tanya-jawab untuk menanyakan pendapat pendengar mereka, siapa bintang tamu yang ingin diundang, umpan balik tentang topik yang diangkat atau yang mau dibahas berikutnya, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Fitur Baru Spotify Gabungkan Musik dan Berita di Satu Playlist

Fitur ini sudah tersedia di Anchor dan Spotify di 160 negara di seluruh dunia. Angka itu belum menyeluruh ke pasar Spotify yang kini jumlahnya sudah 178 negara. Namun Spotify tidak merinci negara mana saja yang sudah kebagian.

KompasTekno belum menemukan fitur polling dan tanya-jawab ini di Spotify ketika berita ini ditulis. Ada kemungkinan belum banyak podcaster yang menggunakan fitur tersebut atau memang belum tersedia di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber TechCrunch
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.