Kompas.com - 03/10/2021, 14:02 WIB

KOMPAS.com - Serial Squid Game di Netflix masih menjadi pembicaraan jagat maya hingga saat ini. Di tengah kesuksesannya, Squid Game juga menuai beberapa kontroversi.

Salah satunya datang dari perusahaan penyedia internet (internet service provider) asal Korea Selatan, SK Broadband.

Baru-baru ini, SK Broadband mengambil langkah hukum kepada Netflix karena trafik di jaringannya meningkat drastis, setelah pelanggannya berbondong-bondong menonton Squid Game di platform streaming itu.

Mereka pun menuntut agar Netflix membayar biaya bandwidth dan biaya pemeliharaan yang naik, karena meningkatnya trafik data setelah banyak orang yang menonton Squid Game.

Baca juga: Lampu Merah Lampu Hijau Squid Game Bisa Dimainkan di Instagram, Begini Caranya

Untuk diketahui, bandwidth untuk mengakses Netflix biasanya diarahkan ke luar negeri terlebih dahulu, karena tidak adanya server content delivery network (CDN) di suatu negara.

Biaya bandwith yang "memutar" terlebih dahulu ke luar negeri ini mahal, dan biasanya ditanggung oleh ISP itu sendiri, seperti yang pernah terjadi di Indonesia, yang dialami oleh ISP Telkom.

SK Boradband mengklaim total trafik data yang mengalir ke Netflix sebesar 1,2 Tbps pada bulan September lalu. Netflix telah memberikan tanggapan terkait gugatan tersebut.

"Kami akan meninjau klaim yang diajukan SK Braodband terhadap kami," kata juru bicara Netflix dirangkum dari The Register.

"Sementara itu, kami akan terus membuka dialog dan mengeksplorasi kerja sama dengan SK Broadband untuk memastikan pengalaman streaming yang lancar bagi pelanggan kami," jelas Netflix.

Bukan yang pertama

Ini bukan kali pertama SK Broadband menuntut Netflix. Sebelummya, SK Broadband mendesak Komisi Komunikasi Korea pada November 2019 lalu agar perusahaan steraming video raksasa seperti Netflix dan YouTube membayar penggunaan jaringan mereka.

Baca juga: Blokir sejak 2016 Akhirnya Dibuka Telkom, Ini Tanggapan Netflix

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.