Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Down, Facebook, Instagram, dan WhatsApp Minta Maaf lewat Twitter

Kompas.com - 05/10/2021, 03:44 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

KOMPAS.com - Layanan milik Facebook Inc., seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp down di sejumlah negara sejak dini hari ini, Selasa (5/10/2021), termasuk di Indonesia.

Banyak pengguna Facebook, WhatsApp, Instagram di berbagai negara melaporkan tidak bisa login atau membuka aplikasi dan situs Facebook, sementara feed di Instagram tidak bisa direfresh hanya menampilkan tulisan "couldn't refresh feed."

Sementara pengguna WhatsApp tidak bisa mengirim serta menerima pesan dalam bentuk apa pun, termasuk teks, foto, atau video.

Baca juga: Facebook, Instagram, WhatsApp Down di Berbagai Negara Malam Ini

Pihak Facebook, WhatsApp, Instagram sendiri telah mengetahui adanya gangguan ini di sejumlah negara, dan mengaku sedang melakukan investigasi. Mereka pun meminta maaf atas gangguan yang terjadi.

“Kami menyadari beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami. Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” tulis Facebook.

WhatsApp juga memberikan penjelasan serupa, “Kami menyadari beberapa orang mengalami masalah dengan WhatsApp saat ini. Kami sedang berupaya untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan pembaruan di sini sesegera mungkin,” tulis WhatsApp.

Baca juga: WhatsApp dan Facebook Down, Twitter dan Jack Dorsey Nyinyir

Berdasar pantauan KompasTekno di situs Downdetector, Layanan Facebook, Instagram dan WhatsApp down mulai sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi.

Baca juga: Telegram Sindir Fitur Baru WhatsApp

Laporan gangguan itu bukan hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga di berbagai negara, seperti dari Asia Tenggara dan bahkan di Amerika Serikat dan negara-negara Eropa.

Pantauan KompasTekno, pengguna ketiga layanan tersebut berbondong-bondong beralih ke Telegram dan Twitter untuk berkomunikasi.

Hingga berita ini ditayangkan, belum jelas apa yang menjadi penyebab Facebook, Instagram, WhatsApp down malam ini.

Baca juga: Mark Zuckerberg Ungkap Penyebab Facebook Cs Sering Down

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link ini https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda terlebih dahulu harus install aplikasi Telegram di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com