Facebook dkk Down, Harta Mark Zuckerberg Berkurang Rp 87 Triliun dalam 8 Jam

Kompas.com - 05/10/2021, 08:29 WIB
CEO Facebook, Mark Zuckerberg meminum air di sela-sela sidang dengar pendapat di Komite Jasa Keuangan pada bulan Oktober 2019. MANDEL NGANCEO Facebook, Mark Zuckerberg meminum air di sela-sela sidang dengar pendapat di Komite Jasa Keuangan pada bulan Oktober 2019.

KOMPAS.com - Layanan milik Facebook Inc., seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp down di sejumlah negara sejak Senin malam (4/10/2021), termasuk di Indonesia.

Gangguan ini tak hanya berdampak pada pengguna tiga aplikasi itu saja, melainkan juga berimbas pada Mark Zuckerberg selaku pemilik Facebook Inc.

Pasalnya, saat layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram down selama kurang lebih 8 jam, kekayaan Zuckerberg menguap hingga sebesar 6,11 miliar dollar AS, atau setara dengan Rp 87 triliun.

Kerugian ini juga ikut membuat posisi Zuckerberg dalam daftar orang paling tajir di dunia turun.

Baca juga: Layanan Down, Facebook, Instagram, dan WhatsApp Minta Maaf lewat Twitter

Pantauan KompasTekno di situs Bloomberg Billionaires Index, pada Minggu (3/10/2021), Zuckerberg tercatat memiliki kekayaan bersih mencapai 128 miliar dollar AS (kira-kira Rp 1.826 triliun).

Namun pada Selasa (5/10/2021) pagi, pasca-layanan Facebook Inc. down, total kekayaan Zuckerberg terpantau turun hingga senilai 122 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 1.740 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alhasil, kini, peringkat Zuckerberg di daftar orang terkaya di dunia versi Bloomberg, turun dari urutan empat ke urutan enam. Zuckerberg kini berada di belakang miliarder Bill Gates (urutan 5) yang memiliki kekayaan 124 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.769 triliun.

Selain kekayaannya yang menguap, tumbangnya layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram ini juga membuat saham Facebook ikut turun.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Entrepreneur, saham Facebook (dengan kode FB) anjlok sekitar 5 persen pada sesi perdagangan Senin (4/10/2021). Hal ini menambah penurunan saham Facebook hingga 15 persen sejak pertengah September lalu.

Baca juga: Pakar Ungkap Penyebab Facebook, Instagram, WhatsApp Error Hari Ini

Pantauan KompasTekno di situs Yahoo Finance, pada Selasa (5/10/2021) pagi, saham Facebook kini diperdagangkan sekitar harga 326 dollar AS (sekitar Rp 4,6 juta).

Saham Facebook anjlok 5 persen pasce layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram tumbang.Yahoo Finance Saham Facebook anjlok 5 persen pasce layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram tumbang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.