Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mark Zuckerberg Jadi Guyonan di Twitter gara-gara WhatsApp dkk Error

Kompas.com - 05/10/2021, 09:05 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp, Instagram, dan Facebook sempat mengalami gangguan selama kurang lebih 8 jam sejak Senin (4/10/2021) malam pukul 22.00 WIB.

Seperti biasa, para pengguna akan beralih ke media sosial lain saat ketiga layanan tersebut down. Salah satu platform yang menjadi ramai seketika adalah Twitter.

Twitter menjadi tempat di mana pengguna menyampaikan keluhan mereka, sindiran, hingga meme kocak yang menampilkan foto pendiri Facebook yaitu Mark Zuckeberg.

Baca juga: Facebook dkk Error, Mark Zuckerberg Minta Maaf

Akun dengan handle @supposedly_ali misalnya, ia mengunggah sebuah meme Mark Zuckerberg yang seolah sedang memperbaiki kabel rusak berikut caption berbunyi "Mark Zuckerberg sedang memperbaiki WhatsApp, Instagram, dan Facebook".

Ada pula akun @wizzydeyforyou yang membagikan gambar meme seseorang yang tengah berbaring di tumpukan kabel dan menambahkan caption "Ini Mark Zuckerberg saat berada di markas besar WhatsApp".

Kemudian akun @AnushkaKohle juga membagikan twit berbunyi "Ini Mark zuckerberg dan para karyawannya" berikut meme yang menggambarkan empat orang yang sedang "menyembah" perangkat superkomputer.

Selain dalam bentuk gambar, beberapa pengguna juga membagikan twit berupa GIF yang mengekspresikan keluhan mereka.

Lalu ada juga yang mengunggah twit dengan potongan video dan sindiran lucu terhadap Facebook dkk.

Gangguan layanan Facebook dkk yang terjadi kali ini juga menyebabkan Mark Zuckerberg rugi besar. Kerugiannya bahkan mencapai hampir 7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 87 triliun.

Tak sedikit dari warganet, juga mengaku "senang" atas kerugian besar yang dialami oleh Mark Zuckerberg akibat ketiga layanannya down sejak kemarin.

WhatsApp, Facebook, Instagram sempat down 8 jam

Sebelumnya, Whatsapp, Instagram, dan Facebook dilaporkan down di sejumlah negara. Di Indonesia, gangguan ini terjadi sejak Senin (4/10/2021) malam.

Berdasarkan halaman DownDetector, ketiga layanan ini tumbang dalam waktu yang hampir bersamaan yakni sekitar pukul 22.00 WIB.

Namun, Selasa (5/10/2021) pagi ini, layanan WhatsApp sudah berangsur pulih sekitar pukul 05.30 WIB. Dengan demikian, WhatsApp error berlangsung kurang lebih sekitar delapan jam.

Baca juga: Facebook, WA, IG Sudah Down 8 Jam, Error dari Jam 10 Malam

Dari pantauan tim KompasTekno di media sosial Twitter, sebagian pengguna WhatsApp di Indonesia mengaku sudah bisa mengakses aplikasi WhatsApp, bisa mengirim, dan menerima pesan lagi.

Meski demikian, ada juga beberapa pengguna yang mengaku bahwa WhatsApp masih error dan belum bisa mengirim pesan. Kemungkinan, pemulihan akan berjalan secara bertahap.

Akun Twitter resmi WhatsApp juga mengonfirmasi bahwa layanan mereka mulai pulih, dan meminta maaf atas gangguan yang terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com