Ketika Sistem Internal Facebook Juga Bermasalah Saat FB, IG, dan WA Down

Kompas.com - 05/10/2021, 12:39 WIB

KOMPAS.com - Layanan milik Facebook Inc. yang mencakup Facebook, Instagram, Messenger, dan WhatsApp down sejak Senin (4/10/2021) malam. Setelah bermasalah selama kurang lebih 8 jam, ketiga layanan tersebut mulai berangsur pulih.

Facebook sebagai pemilik tiga platform tersebut menjelaskan apa yang terjadi di kantor pusat mereka saat gangguan terjadi. Mereka juga membeberkan penyebab FB, IG, dan WA mengalami gangguan selama berjam-jam.

Dalam blog resmi, Facebook mengatakan bahwa gangguan bermula dari masalah di sistem internal kantor Facebook, yakni adanya perubahan konfigurasi pada router backbone yang bertugas mengatur lalu lintas jaringan antar pusat data.

Perubahan tesebut kemudian berdampak pada sistem komunikasi eksternal, yakni adanya gangguan pada komunikasi trafik jaringan internal dan data center. Pada akhirnya, gangguan tersebut menghentikan seluruh layanan milik Zuckerberg, mulai dari Facebook hingga WhatsApp.

"Tim teknisi kami telah mengetahui bahwa ada perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengatur lalu lintas jaringan antar pusat data kami dan menyebabkan masalah yang mengganggu komunikasi," jelas Facebook.

Gangguan juga terjadi di sistem internal Facebook yang digunakan dalam operasional harian. Karena itulah, Facebook mengaku kesulitan mencari akar masalah dan memperbaiki masalah dengan cepat.

"Penyebab utama pemadaman ini juga mempengaruhi banyak alat dan sistem internal yang kami gunakan dalam operasional sehari-hari, hal ini mempersulit upaya kami untuk mendiagnosis dan menyelesaikan masalah dengan cepat," kata Facebook.

Saat ini, Facebook mengklaim layanannya sudah kembali normal. (Baca: WhatsApp Error 8 Jam, Layanan Berangsur Pulih Pagi Ini)

"Layanan kami saat ini sudah kembali online dan kami secara aktif akan bekerja sepenuhnya untuk mengembalikan operasional reguler. Kami ingin memperjelas bahwa kami meyakini akar penyebab pemadaman ini adalah perubahan konfigurasi yang salah," jelas Facebook meyakinkan penggunanya bahwa gangguan kali ini bukan disebabkan oleh peretasan.

"Kami juga tidak memiliki bukti bahwa data pengguna telah disusupi sebagai akibat dari pemadaman kali ini," kata Facebook menegaskan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.