Cara Mengecek TPM, Syarat Wajib untuk Instal Windows 11 di Komputer

Kompas.com - 05/10/2021, 17:08 WIB
ilustrasi Windows 11 wired.comilustrasi Windows 11
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Mulai hari ini, Selasa (5/10/2021), sistem operasi (OS) Windows 11 sudah dapat diunduh secara gratis bagi pengguna perangkat Windows yang kompatibel.

Selain dapat diunduh secara gratis, Microsoft mengatakan bahwa Windows 11 juga bisa dibeli untuk PC atau perangkat komputer baru.

Tentu, untuk bisa menikmati OS teranyar dari Microsoft ini, ada beberapa syarat penting yang harus dipenuhi oleh sebuah perangkat sebelum memasang pembaruan Windows 11. Salah satunya adalah dukungan Trusted Platform Module (TPM) 2.0|

Baca juga: Windows 11 Tersedia Mulai Hari Ini dan Gratis, Begini Cara Download-nya

TPM sendiri adalah modul chip dalam sebuah perangkat PC yang bertugas untuk melindungi berbagai data yang tersimpan di dalam komputer atau laptop dengan sistem enkripsi.

Artinya, apabila perangkat Windows 11 dicuri, pelaku yang tidak bertanggung jawab harus membobol sistem TPM terlebih dahulu apabila ingin membajak beragam file yang ada di dalam perangkat tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Microsoft, TPM ini diperlukan untuk melindungi komputer atau laptop pengguna dengan sistem keamanan mumpuni berbasis hardware.

Untuk memastikan versi TPM, pengguna bisa mengecek sendiri apakah perangkat PC mereka dibekali TPM atau tidak. Berikut ini caranya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (5/10/2021).

Cara mengecek dukungan TPM di laptop dan PC desktop

  • Caranya, tekan tombol "Windows" dan "R" secara bersamaan pada keyboard, atau ketik kata kunci "Run" di menu "Start".
  • Selanjutnya, masukkan perintah "tpm.msc" lalu klik tombol "OK".
  • Tunggu hingga tampilan aplikasi sistem "TPM Management" muncul.

Menu Run untuk mengetikkan perintah tpm.msc untuk membuka aplikasi TPM Management.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Menu Run untuk mengetikkan perintah tpm.msc untuk membuka aplikasi TPM Management.

  • Kemudian, perhatikan kolom "Status".
  • Apabila kolom tersebut mengatakan "The TPM is Ready For Use", artinya komputer Anda dipastikan memiliki TPM, seperti gambar di bawah ini.

Ilustrasi aplikasi sistem TPM Management.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Ilustrasi aplikasi sistem TPM Management.

  • Untuk melihat versi TPM, kunjungi kolom "TPM Manufacturer Information".
  • Nantinya, di bagian "Specification Version" akan tertulis versi TPM perangkat Anda.
  • Jika kolom "Status" tadi mengatakan "Compatible TPM Cannot Be Found", maka komputer Anda tidak dibekali dengan TPM atau chip tersebut dinonaktifkan, sehingga Windows 11 tidak akan bisa dipasang.

Anda juga bisa mengecek ketersediaan TPM di komputer, berikut persyaratan-persyaratan lain untuk menjalankan Windows 11, dengan aplikasi PC Health Check yang bisa diunduh di laman Microsoft di tautan berikut. Silakan gulir hingga ke bawah, sebelum bagian footnote.

Ketika dijalankan, PC Health Check akan memeriksa keseluruhan komputer Anda dan memberitahukan jika semua aspek persyaratan Windows 11 terpenuhi.

Baca juga: Windows 11 Tersedia Mulai Hari Ini dan Gratis, Begini Cara Download-nya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.