Cara El Salvador Menambang Bitcoin, Pakai Tenaga Gunung Api

Kompas.com - 05/10/2021, 18:11 WIB
Ilustrasi Bitcoin. THINKSTOCKPHOTOSIlustrasi Bitcoin.

KOMPAS.com - Presiden El Salvador, Nayib Bukele, mengumumkan bahwa pemerintah setempat akan menggunakan tenaga panas bumi dari gunung api untuk menambang mata uang kripto, Bitcoin.

Melalui akun Twitter resminya, Bukele mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah menguji coba proses penambangan Bitcoin menggunakan tenaga gunung api tersebut.

"Kami masih menguji coba, tapi, secara resmi ini adalah penambangan Bitcoin pertama dari gunung berapi," tulis Bukele.

Penambangan Bitcoin ini dijalankan oleh perusahaan listrik panas bumi milik El Salvador, LaGeo SA de CV.

Bukele juga mengunggah sebuah video singkat berdurasi 25 detik dalam sebuah tweet. Meski tak dilengkapi dengan narasi, video singkat itu memperlihatkan lokasi pertambangan Bitcoin milik pemerintah El Salvador yang di bangun di sekitaran wilayah gunung berapi.

Baca juga: Penambang Bitcoin Beli Pembangkit Listrik Sendiri untuk Mining

Dari video terlihat pula banyak rig untuk menambang Bitcoin, teknisi yang sedang memasang komputer berbasis Application-Specific Integrated Circuit (ASIC), serta pemandangan pabrik energi yang diselimuti asap di tengah rimbunnya hutan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam tweet terpisah, Bukele merinci, pemerintah berhasil menambang 0,00599179 Bitcoin, atau setara dengan 269 dollar AS (kira-kira Rp 371.000) per 1 Oktober, dengan tenaga panas bumi dari gunung berapi.

Sebagai informasi, El Salvador sendiri menjadi negara pertama yang resmi mengakui mata uang kripto Bitcoin sebagai alat tukar dan alat pembayaran yang sah.

Pada awal September lalu, Presiden El Salvador, Nayib Bukele mengumumkan bahwa negara yang dipimpinnya itu resmi mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah.

Hal ini menjadikan El Salvador sebagai negara pertama di dunia yang mengambil langkah demikian.

Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.