Raih Pendanaan Rp 2,2 Triliun, Ajaib Resmi Jadi Unicorn Baru Indonesia

Kompas.com - 06/10/2021, 09:05 WIB
Ilustrasi iklan digital aplikasi saham dan reksa dana Ajaib di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI). Dk Humas AjaibIlustrasi iklan digital aplikasi saham dan reksa dana Ajaib di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI).

KOMPAS.com - Indonesia kini memiliki startup berstatus unicorn baru. Aplikasi investasi saham dan reksa dana online, Ajaib, mendapatkan predikat unicorn tersebut setelah meraih pendanaan baru.

Ajaib berhasil mengumpulkan pendanaan senilai 153 juta dollar AS atau sekitar Rp 2,2 triliun dari funding round seri B.

Pada Maret 2021, Ajaib juga berhasil mengumpulkan dana segar senilai 90 juta dollar AS (kira-kira Rp 1,3 triliun) dari putaran pendanaan seri A. Bila ditotal, dana segar yang berhasil dikumpulkan oleh Ajaib sepanjang 2021 ini mencapai 243 juta dollar AS atau setara Rp 3,58 triliun.

Adapun pendanaan Ajaib ini dibekingi oleh sejumlah investor besar seperti SoftBank Group Jepang, Horizon Ventures milik miliarder Hong Kong Li Ka-shing, dan serta perusahaan venture capital Alpha JWC.

Pada putaran pendanaan terakhir, Ajaib juga disokong oleh investor seperti DST Global, Ribbit Capital, ICONIQ Capital dan IVP.

Baca juga: Xendit Resmi Jadi Startup Unicorn Baru di Indonesia

Dengan suntikan dana Rp 2,2 triliun, membuat Ajaib menambah daftar startup berstatus unicorn di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum Ajaib, sudah ada Gojek, Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, OVO, J&T Express, OnlinePajak, dan terkahir adalah Xendit yang menyandang gelar unicorn.

Sebagai informasi, "Unicorn" adalah julukan untuk perusahaan rintisan yang memiliki nilai valuasi sebesar 1 miliar dollar AS (sekitar Rp 14,2 triliun) atau lebih.

Sumbang 1 juta investor

Aplikasi saham dan reksa dana online Ajaib mencatatkan pertumbuhan pengguna secara signifikan. Kini ada lebih dari 1 juta pengguna aktif yang menggunakan aplikasinya.Dok Humas Ajaib Group Aplikasi saham dan reksa dana online Ajaib mencatatkan pertumbuhan pengguna secara signifikan. Kini ada lebih dari 1 juta pengguna aktif yang menggunakan aplikasinya.
Ajaib sendiri adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Ajaib Group, di bawah naungan PT Takjub Teknologi Indonesia. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2018 bersama dengan PT Ajaib Sekuritas Asia (Ajaib Sekuritas).

Dengan kata lain, julukan unicorn berhasil diambil Ajaib dalam kurun waktu tiga tahun setelah perusahaan ini resmi berdiri. Ajaib mengklaim bahwa dirinya adalah "startup tercepat yang mencapai status unicorn di Asia Tenggara".

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.