AirPods Pro dan AirPods Max Kini Bisa Dilacak jika Hilang

Kompas.com - 06/10/2021, 18:10 WIB
Apple AirPods Max dan AirPods Pro independent.co.ukApple AirPods Max dan AirPods Pro
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pekan ini, Apple menyalurkan pembaruan firmware untuk perangkat audio AirPods Pro dan AirPods Max. Dalam pembaruan itu, Apple menambahkan kemampuan baru untuk keduanya.

Kini, melalui aplikasi Find My, pengguna iPhone yang menjalankan iOS 15 bisa melacak keberadaan AirPods Pro dan AirPods Max yang hilang.

Nantinya, aplikasi Find My akan memberi tahu pengguna, kapan dan di mana terakhir kali kedua perangkat itu hilang, terjatuh, terselip, atau tidak terhubung dengan iPhone pemilik.

Kemampuan baru ini mirip seperti fitur yang ada di aksesori AirTag. AirTag sendiri adalah aksesoris pintar yang bisa disematkan di berbagai benda seperti kunci, dompet, hingga ponsel, untuk melacak keberadaannya agar tidak hilang.

Baca juga: Apple AirPods Max Sudah Bisa Dibeli di Indonesia, Berapa Harganya?

Bedanya dengan AirTag, peta yang ditampilkan saat mendeteksi keberadaan AirPods Pro dan AirPods Max tidak begitu akurat. Hal ini lantaran AirPods Pro dan AirPods Max tidak dibekali chip ultra-wideband Apple U1.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk melacak lokasi terakhir AirPods Pro dan AirPods Max yang hilang, pengguna bisa mengaktifkan fitur Lost Mode di aplikasi Find My. Meski begitu, pengguna tidak bisa melihat petunjuk arah untuk menghampiri lokasi AirPods Pro dan AirPods Max yang terjatuh.

AirPods Pro dan AirPods Max kini bisa dilacak lewat aplikasi Find Mytwitter.com/@Ste_Moseley AirPods Pro dan AirPods Max kini bisa dilacak lewat aplikasi Find My

Pengguna hanya bisa melihat petunjuk berupa status yang memperkirakan jarak lokasi hilangnya AirPods Pro dan AirPods Max dengan posisi mereka, seperti "Far" (jauh), "Near" (dekat), atau "Here" (disini).

Khusus untuk AirPods Pro, aplikasi Find My hanya bisa melacak lokasi terakhir, apabila kedua earphone tidak berada di dalam wadah pengisi daya (charging case).

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (6/10/2021), pemilik AirPods Pro dan AirPods Max juga dapat meninggalkan "pesan" dan mencantumkan nomor telepon mereka lewat Lost Mode.

Baca juga: Earphone Apple AirPods Pro Resmi Dijual di Indonesia, Berapa Harganya?

Jika Airpods yang hilang itu ditemukan oleh orang lain, pesan dimaksud akan ditampilkan saat perangkat di-pair dengan device iOS. Harapannya, orang yang menemukan bisa lebih mudah mengembalikan AirPods Pro atau AirPods Max ke pemiliknya.

Satu fitur lain yang berguna, pengguna juga akan mendapat notifikasi secara otomatis apabila tak sengaja meninggalkan AirPods Pro atau AirPods Max di suatu tempat.

Cara update firmware Airpods Pro dan Airpods Max

Untuk mendapatkan pembaruan firmware AirPods Pro dan AirPods Max, pengguna bisa melakukan cara manual sebagai berikut:

  • Buka menu "Settings" melalui perangkat iPhone, lalu pilih "General" > "About" untuk mengecek update.
  • Selanjutnya, pilih opsi "AirPods" untuk melihat "Firmware Version".
  • Jika melihat keterangan "Find My capabilities is version 4A400", itu artinya pembaruan firmware sudah tersedia.
  • Apabola firmware update belum tersedia, mungkin pengguna perlu menunggu beberapa hari lagi sebelum pembaruan bisa diunduh.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.