Logo Baru USB-C Tampilkan Kecepatan Transfer Data dan Daya

Kompas.com - 07/10/2021, 06:32 WIB
Ilustrasi kabel USB Type-C. Phone ArenaIlustrasi kabel USB Type-C.

KOMPAS.com - Organisasi nirlaba USB Implementers Forum (USB-IF), resmi merilis standar dan logo baru untuk kabel USB-C. Logo baru ini dibuat untuk meminimalisasi pengguna USB-C yang kebingungan.

Seperti diketahui, meskipun semua konektor terlihat sama, kabel USB-C memiliki standar berbeda untuk besaran daya hingga kecepatan transfer data.

USB-C saat ini bisa mengalirkan daya bahkan hingga 240W. Namun, masih banyak orang yang kebingungan memilih kabel mana yang dapat mengalirkan daya sesuai dengan kebutuhan.

Melalui standar baru ini, USB-IF nantinya akan menyediakan logo baik di kemasan maupun di bagian kabel, yang menuliskan kecepatan pengisian daya. Selain keterangan daya, logo tersebut juga akan memuat informasi kecepatan transfer yang didukung kabel tersebut.

Dengan demikian, pengguna akan lebih mudah mengetahui kabel USB-C cocok digunakan untuk perangkat mana yang mereka miliki.

Baca juga: iPhone Keluaran Eropa Diwajibkan Pakai USB Tipe C

"Dengan logo kami yang diperbarui, konsumen dapat dengan mudah mengidentifikasi kinerja USB4 dan kemampuan pengiriman daya USB dari kabel USB-C bersertifikat," jelas Jeff Ravencraft, Presiden dan COO USB-IF.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun arti dari setiap logo yang dicantumkan pada setiap kabel USB yang diproduksi USB-IF adalah sebagai berikut:

Logo baru yang dicantumkan USB Implementers Forum (USB-IF) pada setiap jenis kabel USB Type-C.USB Implementers Forum Logo baru yang dicantumkan USB Implementers Forum (USB-IF) pada setiap jenis kabel USB Type-C.
Langkah baru yang dilakukan USB-IF dinilai penting untuk mencegah timbulnya kesalahpahaman yang telah terjadi di konsumen.

Seperti yang diketahui, setiap jenis kabel USB dapat memiliki kecepatan pengiriman data, transfer data, serta spesifikasi lain yang berbeda-beda.

Baca juga: Mengapa iPhone Pakai Colokan USB Lightning, Bukan USB-C?

Standar dan logo baru ini diharapkan akan mempermudah pengguna untuk mengidentifikasi serta membedakan kecepatan daya dan transfer data.

Halaman:


Sumber GizChina
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.