Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Logo Baru USB-C Tampilkan Kecepatan Transfer Data dan Daya

Kompas.com - 07/10/2021, 06:32 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Organisasi nirlaba USB Implementers Forum (USB-IF), resmi merilis standar dan logo baru untuk kabel USB-C. Logo baru ini dibuat untuk meminimalisasi pengguna USB-C yang kebingungan.

Seperti diketahui, meskipun semua konektor terlihat sama, kabel USB-C memiliki standar berbeda untuk besaran daya hingga kecepatan transfer data.

USB-C saat ini bisa mengalirkan daya bahkan hingga 240W. Namun, masih banyak orang yang kebingungan memilih kabel mana yang dapat mengalirkan daya sesuai dengan kebutuhan.

Melalui standar baru ini, USB-IF nantinya akan menyediakan logo baik di kemasan maupun di bagian kabel, yang menuliskan kecepatan pengisian daya. Selain keterangan daya, logo tersebut juga akan memuat informasi kecepatan transfer yang didukung kabel tersebut.

Dengan demikian, pengguna akan lebih mudah mengetahui kabel USB-C cocok digunakan untuk perangkat mana yang mereka miliki.

Baca juga: iPhone Keluaran Eropa Diwajibkan Pakai USB Tipe C

"Dengan logo kami yang diperbarui, konsumen dapat dengan mudah mengidentifikasi kinerja USB4 dan kemampuan pengiriman daya USB dari kabel USB-C bersertifikat," jelas Jeff Ravencraft, Presiden dan COO USB-IF.

Adapun arti dari setiap logo yang dicantumkan pada setiap kabel USB yang diproduksi USB-IF adalah sebagai berikut:

Logo baru yang dicantumkan USB Implementers Forum (USB-IF) pada setiap jenis kabel USB Type-C.USB Implementers Forum Logo baru yang dicantumkan USB Implementers Forum (USB-IF) pada setiap jenis kabel USB Type-C.
Langkah baru yang dilakukan USB-IF dinilai penting untuk mencegah timbulnya kesalahpahaman yang telah terjadi di konsumen.

Seperti yang diketahui, setiap jenis kabel USB dapat memiliki kecepatan pengiriman data, transfer data, serta spesifikasi lain yang berbeda-beda.

Baca juga: Mengapa iPhone Pakai Colokan USB Lightning, Bukan USB-C?

Standar dan logo baru ini diharapkan akan mempermudah pengguna untuk mengidentifikasi serta membedakan kecepatan daya dan transfer data.

Pasalnya, penamaan kabel USB saat ini berdasarkan angka, seperti USB 3.0 dan USB 3.1. Hal inilah yang berpotensi membuat pengguna kebingungan. 

Konsumen saat ini dapat membedakan spesifikasi USB dengan melihat penamaan USB tersebut. Namun, hal ini akan membingungkan pengguna ketika penamaannya menjadi lebih rumit.

Dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Kamis (7/10/2021), pengguna dapat menjadi kesulitan untuk membedakan kecepatan daya hantar listrik yang dimiliki oleh setiap jenis kabel USB.

Apabila daya hantar yang dimiliki kabel USB tidak sesuai dengan perangkat yang dihubungkan, maka terdapat kemungkinan terjadinya resiko kerusakan pada perangkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com