Twitch Diretas, Data Gaji Streamer Ikut Bocor

Kompas.com - 07/10/2021, 08:33 WIB
Ilustrasi Twitch. GETTY IMAGESIlustrasi Twitch.

KOMPAS.com - Kasus kebocoran data kembali terjadi. Kali ini korbannya adalah platform streaming milik Amazon, Twitch.

baru-baru ini, hacker anonim dilaporkan telah meretas dan membocorkan 125 GB data internal Twitch dalam sebuah forum online.

Data itu diklaim berisi source code atau kode sumber platform, rincian teknis untuk produk dan platform baru yang belum dirilis, hingga gaji streamer atau kreator konten.

Pihak Twitch sendiri mengonfirmasi kebenaran kabar peretasan ini melalui akun Twitter resminya.

"Kami dapat mengonfirmasi pelanggaran telah terjadi. Tim kami bekerja dengan cepat untuk memahami sejauh mana cakupan pelanggaran ini terjadi," tulis Twitch.

Baca juga: Perampokan Streamer Twitch Tersiar saat Live Streaming

Dalam dokumen internal yang dibocorkan, data rincian gaji streamer Twitch selama dua tahun terakhir yakni periode Agustus-September 2019 hingga Oktober 2021 ini ikut terungkap.

Outlet media Kotaku melaporkan, angka pendapatan streamer di dokumen itu mencapai jutaan dollar AS.

Beberapa nama yang muncul dalam dokumen itu meliputi streamer terkenal, seperti Dungeons & Dragons, CriticalRole, xQC Kanada, dan American Summit1g. Deretan streamer itu menjadi salah satu yang berpenghasilan tinggi di Twitch.

Baca juga: Streamer Twitch Ini Raup Rp 223 Juta Hanya dengan Tidur

"Rincian gaji yang bocor itu mencantumkan angka pendapatan saya yang 100 persen benar," kata Streamer Fortnite BBG Calc kepada BBC News, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (7/10/2021).

Streamer lain mengkonfirmasi kepada BBC bahwa penghasilan mereka "akurat", sementara orang ketiga yang terkait erat dengan pemain terkenal mengatakan detailnya "hampir benar".

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.