Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Video Tunjukkan Cara Kerja Omoji di ColorOS 12

Kompas.com - 07/10/2021, 09:07 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Emoji merupakan sebuah simbol yang dapat mewakilkan ekspresi wajah dan perasaan pengguna saat sedang mengobrol melalui aplikasi pesan singkat.

Penggunaan emoji semakin populer karena diklaim mampu menghidupkan suatu obrolan dan mengungkapkan makna tertentu yang diselipkan dalam pesan teks.

Melihat banyaknya potensi yang dimiliki emoji, berbagai perusahaan berlomba-lomba untuk meningkatkan kemampuannya. Salah satunya termasuk Oppo.

Baca juga: Oppo ColorOS 12 Resmi Meluncur, Ini Fitur Barunya

Vendor ponsel China itu telah mengenalkan OS baru ColorOS 12 yang di dalamnya terdapat fitur Omoji, yakni aplikasi yang memungkinkan pengguna membuat representasi digital dirinya lewat sebuah avatar.

Avatar ini mampu mencerminkan ekspresi dan gerak-gerik dari wajah pengguna layaknya aplikasi Memoji di iPhone.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur kosmetik yang dapat menyulap avatar menjadi semirip mungkin dengan penggunanya.

Omoji sendiri baru akan dirilis pada 11 Oktober bersamaan dengan peluncuran sistem operasi ColorOS 12. Namun beberapa bocoran telah menunjukkan fitur-fitur yang tersedia di Omoji, seperti yang dilakukan oleh kanal YouTube Gadget View.

Baca juga: Apple Rilis Memoji sebagai Pesaing AR Emoji Samsung

Melalui sebuah video singkat, Gadget View menunjukkan cara kerja aplikasi Omoji. Terlihat bahwa pengguna nantinya dapat membuat avatar baru atau mengedit avatar default yang sebelumnya telah tersedia.

Cara membuat avatar di aplikasi Omoji.YouTube/Gadget View Cara membuat avatar di aplikasi Omoji.

Pantauan KompasTekno, Kamis (7/10/2021), untuk membuat avatar baru, pengguna dapat menekan tombol "Create an Omoji".

Selanjutnya, pengguna dapat dengan bebas memilih warna kulit, bentuk wajah, gaya rambut, alis, mata, hidung, dan masih banyak lagi.

Omoji juga menyediakan aksesori seperti topi, anting, dan kacamata. Kehadiran aksesori ini nampaknya ditujukan agar avatar terlihat semirip mungkin dengan pengguna.

Baca juga: ColorOS 11 Sudah Bisa Diunduh di Ponsel Oppo, Ini Fitur-fiturnya

Setelah selesai dibuat, pengguna dapat menggunakan avatar tersebut dengan menekan tombol "Use Omoji" > "Customize Omoji".

Pengguna dapat menyesuaikan ekspresi wajah yang nantinya juga akan disesuaikan oleh avatar Omoji. Untuk membuat lebih menarik, pengguna juga bisa mengubah warna background.

Untuk melihat video cara kerja Omoji di ColorOS 12, kunjungi tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com