Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data 1,5 Miliar Pengguna Facebook Diduga Bocor dan Dijual di Internet

Kompas.com - 07/10/2021, 11:04 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Data 1,5 miliar pengguna Facebook dikabarkan bocor dan dijual di internet. Hal ini dilaporkan oleh lembaga privasi asal Rusia, Russian Privacy Affairs, yang dirilis baru-baru ini.

Berdasarkan laporan tersebut, data miliaran pengguna Facebook itu dilelang di forum hacker yang biasa digunakan untuk kegiatan jual beli data, saat jaringan Facebook Inc. mengalami gangguan pada Selasa (5/10/2021).

Adapun data-data pengguna yang bocor konon mencakup nama pengguna, alamat rumah, alamat e-mail, dan nomor telepon.

Belum bisa dipastikan apakah kabar tersebut akurat atau tidak. Yang jelas, seorang pembeli yang membayar 5.000 dollar AS (sekitar Rp 71 juta) ke penjual data tersebut mengeklaim bahwa penjual itu adalah penipu.

Baca juga: Penjelasan Resmi Penyebab Tumbangnya Facebook, Instagram, dan WhatsApp

Pasalnya, sang pembeli mengaku tidak mendapatkan data apa pun setelah ia membayar sejumlah uang ke si penjual, yang mengeklaim punya data 1,5 miliar pengguna Facebook tersebut.

Belum bisa dipastikan pula apakah kebocoran data ini, jika memang benar bocor, berhubungan dengan insiden tumbangnya layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram di seluruh dunia beberapa hari lalu.

Terlepas dari itu, pengguna Facebook sejatinya harus tetap waspada dan melakukan sejumlah hal terkait keamanan akun mereka. Sebab, apabila informasi tadi akurat, ini merupakan kebocoran data terbesar yang pernah ada saat ini.

Salah satu cara mengamankan akun tentunya adalah mengganti kata sandi (password) dengan yang lebih kuat. Adapun cara mengamankan akun Facebook lainnya bisa disimak di tautan berikut ini.

Baca juga: Orang Indonesia Hanya Bisa Pasrah kalau Ada Kebocoran Data

Sebelumnya, kejadian serupa sempat mencuat pada akhir September lalu. Kala itu, sejumlah pihak juga mengeklaim bahwa mereka memiliki 1,5 miliar data pengguna Facebook.

Seorang pembeli lantas menembak harga 5.000 dollar AS (sekitar Rp 71 juta) untuk setiap 1 juta data tersebut.

Dengan demikian, apabila dibeli semuanya (dan data tersebut memang ada) maka 1,5 miliar data pengguna Facebook akan bernilai 7,5 juta dollar AS (sekitar Rp 106 miliar), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GizChina, Kamis (7/10/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com