Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel 5G Semakin Diminati Masyarakat Indonesia

Kompas.com - 07/10/2021, 19:06 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Smartphone dengan konektivitas 5G semakin diminati oleh  konsumen Indonesia. Hal ini terlihat dari laporan pengiriman ponsel di Indonesia untuk periode kuartal II-2021 dari firma riset pasar Counterpoint Research.

Dalam laporan tersebut, pengiriman ponsel 5G di Tanah Air tercatat mengalami kenaikan, yakni dari 4 persen di kuartal I-2021, menjadi 7 persen di kuartal II-2021.

Menurut Counterpoint, kenaikan pengiriman ponsel 5G ini didorong oleh operator seluler seperti Telkomsel dan Indosat Ooredoo yang sudah meluncurkan layanan 5G komersial dan secara bertahap memperluas jangkauan layanan 5G milik masing-masing di Indonesia.

CEO perusahaan ritel ponsel Erajaya, Hasan Aula mengungkapkan bahwa permintaan ponsel 5G di Indonesia ini masih akan terus bertambah ke depannya.

Baca juga: Tata Ulang Frekuensi 2,3 GHz Rampung, Sinyal 4G dan 5G Makin Kencang?

"Tentu ke depan permintaan ponsel dengan 5G akan lebih banyak walaupun tidak semua kota sudah tersedia jaringannya," kata Hasan KompasTekno melalui pesan singkat, awal pekan ini.

Sepakat dengan Hasan, pengamat gadget Lucky Sebastian juga mengungkapkan hal serupa. Menurut dia, fitur konektivitas 5G di smartphone kini menjadi salah satu daya pikat terbesar bagi konsumen Indonesia.

Karena itulah, meski ketersediaan jaringan 5G masih terbatas, konsumen sudah mulai tertarik untuk membeli ponsel 5G.

"Orang-orang akan merasa lebih aman kalau sudah memiliki smartphone 5G, dengan harapan ketika nanti jaringannya tersedia di daerah mereka, smartphone mereka sudah siap," kata Lucky.

Ponsel terjangkau paling laris di Indonesia, berlaku juga untuk HP 5G?

Ponsel 5G agaknya akan semakin diminati konsumen Indonesia bila mampu bersaing dengan harga yang terjangkau.

Sebab sejauh ini, menurut Counterpoint, ponsel yang konon mendongkrak pengiriman ponsel dalam negeri pada kuartall II-2021, mayoritas merupakan ponsel di segmen entry-level dan mid-range

Adapun ponsel yang disebut turut mendongkrak pengiriman ponsel di Tanah Air pada periode ini di antaranya adalah Redmi 9C, Redmi 9A, Poco M3, Vivo Y12s, Vivo Y1s, Vivo Y20s, Oppo A54, dan Oppo 15.

Baca juga: 5 Besar Vendor Smartphone di Indonesia Kuartal-II 2021

Lucky tak memungkiri, ponsel segmen entry-level dan mid-range masih akan mendominasi kebutuhan konsumen Indonesia ke depannya.

"Tren pasar ponsel masih berkutat oleh permintaan ponsel di seri affordable, seperti ponsel di segmen entry-level dan mid-range, yang bisa kita katakan di area sekitar Rp 1-3 juta," kata Lucky kepada KompasTekno melalui pesan singkat.

Di samping harga yang relatif terjangkau, menurut Lucky, konsumen juga akan mencari ponsel mid-range yang mampu menghadirkan spesifikasi tinggi yang biasanya ada di ponsel kelas atas. Misalnya seperti refresh rate layar yang tinggi, NFC, serta dukungan fast charging.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com