Dokter Ini Pakai Kamera iPhone 13 Pro Max untuk Periksa Mata Pasiennya

Kompas.com - 08/10/2021, 06:41 WIB
Apple iPhone 13 Pro Max Tomsguide.comApple iPhone 13 Pro Max
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - iPhone 13 Pro Max yang baru saja diperkenalkan beberapa waktu lalu untuk pertama kalinya menghadirkan mode pemotretan macro di jajaran smartphone Apple.

Mode untuk memotret aneka obyek dari jarak sangat dekat ini ternyata bukan hanya berguna untuk memotret mainan atau serangga saja. Seorang dokter mata di Amerika Serikat, Tommy Korn, memanfaatkan foto macro iPhone 13 Pro Max untuk memeriksa kondisi mata pasien.

Korn praktek di Rumah Sakit Sharp HealthCare, San Diego, California, AS. Pengalamannya menggunakan kamera iPhone 13 Pro Max untuk mengecek kondisi mata pasiennya, ia bagikan melalui sebuah posting yang diunggah di akun LinkedIn pribadinya.

Baca juga: iPhone 13 Lolos TKDN, Ini Perkiraan Harganya di Indonesia

Dengan fitur kamera macro di iPhone 13 Pro Max, Korn mengatakan bahwa detail kedua mata pasien bisa terlihat jelas lantaran kualitas foto yang dihasilkan lumayan tajam.

Seperti gambar di bawah ini misalnya. Kedua hasil foto menunjukkan perubahan kondisi mata pasien yang sedang menjalani transplantasi kornea.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dokter Mata, Tommy Korn di Amerika Serikat menggunakan kamera iPhone 13 Pro Max untuk mengecek kondisi mata pasiennyaTimes Now News Dokter Mata, Tommy Korn di Amerika Serikat menggunakan kamera iPhone 13 Pro Max untuk mengecek kondisi mata pasiennya

Transplantasi kornea merupakan pembedahan pada mata untuk mengganti kornea yang rusak atau tidak berfungsi dengan kornea baru dari donor.

Korn juga menjelaskan bahwa tujuan utama menggunakan kamera iPhone 13 Pro Max ini agar ia lebih mudah dalam mendokumentasikan kondisi mata pasiennya.

"Saya menggunakan kamera ini (iPhone 13 Pro Max) untuk mendokumentasikan foto pasien dan melampirkannya ke catatan pribadi saya," kata Tommy dalam sebuah pernyataan.

Hasil foto mata yang diambil oleh Korn juga akan dibagikan kepada pasien yang bersangkutan, guna memudahkan mereka apabila ingin berobat ke dokter lainnya.

Baca juga: Biaya Produksi iPhone 13 Pro Rp 8 Juta, Dijual Rp 14 Juta

Dia sempat dikritik karena memakai ponsel untuk memotret mata pasien, alih-alih kamera digital macam DSLR dengan lensa macro

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber PetaPixel
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.