Twitch Ungkap Kenapa Hacker Bisa Bobol Server Perusahaan

Kompas.com - 08/10/2021, 08:16 WIB
Ilustrasi Twitch. The Verge/ William JoelIlustrasi Twitch.

KOMPAS.com - Twitch, platform streaming milik Amazon, baru-baru ini menjadi korban peretasan yang membuat data internal sebesar 125 GB bocor ke publik.

Data itu disebut berisi source code atau kode mentah platform, rincian teknis untuk produk dan platform baru yang belum dirilis, hingga gaji streamer atau kreator konten.

Menurut investigasi awal, peretasan oleh hacker anonim ini disebabkan karena adanya error dalam konfigurasi server Twitch.

"Kesalahan dalam perubahan konfigurasi server Twitch ini kemudian diakses oleh pihak ketiga yang jahat (hacker). Tim kami bekerja dengan cepat untuk menyelidiki insiden tersebut," tulis Twitch dalam sebuah posting di blog resminya.

 Baca juga: Twitch Diretas, Data Gaji Streamer Ikut Bocor

Twitch menambahkan, saat ini, investigasi masih berlangsung dan belum jelas apa saja dampak dari peretasan yang terjadi baru-baru ini. Namun, Twitch meyakini bahwa kredensial login pengguna platformnya tidak ikut bocor dalam peretasan kali ini.

Begitu pun dengan nomor kartu kredit lengkap milik pengguna. Sebab menurut Twitch, nomor kartu kredit lengkap pengguna tidak disimpan di server Twitch, sehingga data ini tidak ikut bocor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami masih terus menyelidiki," tambah platform streaming milik Amazon itu.

Sebagai langkah antisipasi untuk melindungi data, Twitch juga mengumumkan telah menyetel ulang semua kunci streaming (stream key). Streamer bisa mendapatkan stream key yang baru melalui tautan berikut ini.

"Tergantung software streamer apa yang Anda gunakan, Anda mungkin perlu memperbarui perangkat lunak secara manual dengan kunci baru ini untuk memulai streaming berikutnya," kata Twitch.

Data yang bocor

Hacker anonim dilaporkan telah meretas dan membocorkan 125 GB data internal Twitch dalam sebuah forum online.

Baca juga: Perampokan Streamer Twitch Tersiar saat Live Streaming

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.