5 Besar Vendor Smartphone di Indonesia Kuartal II-2021

Kompas.com - 08/10/2021, 14:28 WIB
Suasana ITC Roxy Mas, salah satu pusat belanja ponsel terbesar di Jakarta. Kompas.com/Wahyunanda Kusuma PertiwiSuasana ITC Roxy Mas, salah satu pusat belanja ponsel terbesar di Jakarta.

KOMPAS.com - Firma riset IDC merilis peringkat lima besar merek smartphone yang menguasai pasar Indonesia, pada kuartal II-2021.

Pada periode tersebut, Xiaomi menjadi pemimpin pasar smartphone di Indonesia, diikuti berturut-turut oleh Oppo, Vivo, Samsung, dan Realme.

IDC dalam keterangan tertulisnya tidak menyebut secara pasti berapa angka pangsa pasar masing-masing vendor. Namun dari grafis yang dirilis, nampak Xiaomi menorehkan pangsa pasar yang lebih dari 25 persen.

Menurut IDC, Redmi 9A dan Redmi 9C menjadi ponsel Xiaomi yang populer di Indonesia. Selain itu, Xiaomi juga terus memperbanyak saluran penjualannya di Indonesia lewat gerai online Authorized Store dan Mi Shop yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Baca juga: 5 Besar Vendor Smartphone di Indonesia Kuartal-II 2021

Oppo yang pada kuartal I-2021 menduduki urutan pertama, menurut survei IDC kini turun ke posisi kedua dengan pangsa pasar mendekati 20 persen.

Namun berdasar riset IDC, Oppo masih memimpin di segmen ponsel kelas bawah di Indonesia, dengan harga smartphone berkisar 100-200 dollar AS (Rp 1,5 juta-3 juta).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

IDC Indonesia smartphone Q2-2021IDC IDC Indonesia smartphone Q2-2021
Sementara segmen kelas menengah dengan rentang harga 200-400 dollar AS (Rp 3 juta-5,7 juta) "porsinya" direbut oleh Xiaomi.

Sementara itu Vivo menyusul di urutan ketiga, naik satu peringkat dari periode sebelumnya, dengan raihan pangsa pasar lebih dari 15 persen.

IDC mencatat bahwa Vivo mengandalkan portofolio smartphone segmen kelas bawah yang menyumbang lebih dari 90 persen dari pengirimannya.

Kemudian, Samsung menduduki posisi keempat dengan persentase pangsa pasar yang sama dengan Vivo.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.