Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Omoji di Oppo Reno6, Fitur Baru ColorOS 12

Kompas.com - 08/10/2021, 15:31 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pembaruan tampilan antarmuka (UI) ColorOS 12 rencananya bakal diluncurkan Oppo secara global pada 11 Oktober.

Salah satu fitur baru di ColorOS 12 yang bisa dibilang menarik adalah Omoji, fitur emoji atau avatar bergerak, yang mirip dengan fitur Memoji di iPhone dan AR Emoji di ponsel Samsung Galaxy.

Emoji ini bisa dibuat dan disesuaikan dengan bentuk dan ekspresi wajah pengguna, semirip mungkin dengan banyak opsi pengaturan, dari bentuk kepala, mata, hidung, mulut, hingga warna kulit, rambut, beserta aksesori seperti topi, kacamata, dsb.

Baca juga: Bocoran Video Tunjukkan Cara Kerja Omoji di ColorOS 12

KompasTekno pun berkesempatan untuk menjajal fitur Omoji melalui aplikasi installer (APK) yang dipasang di perangkat Oppo Reno6, yang menjalankan sistem operasi (OS) Android 11 dengan UI ColorOS 11.1.

Sekilas, fitur Omoji terkesan mirip dengan fitur Memoji di iPhone. Pasalnya, emoji yang disuguhkan di tampilan aplikasi Omoji bisa mengikuti gerak kepala atau wajah pengguna yang ditangkap melalui kamera selfie.

Ketika kita berkedip, misalnya, emoji juga akan berkedip, begitu juga dengan tersenyum, mengangguk, dan lain sebagainya.

Ilustrasi fitur Omoji di ponsel Oppo dengan ColorOS 12.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi fitur Omoji di ponsel Oppo dengan ColorOS 12.

Untuk menggunakan Omoji, pengguna nantinya bisa membuka langsung aplikasi Omoji, menggeser layar ke kanan (swipe right) pada tampilan utama aplikasi, kemudian menekan tombol "Create an Omoji".

Setelah itu, pengguna bakal disodorkan dengan tampilan wajah dan bisa mengubah tampilannya berdasarkan 10 elemen yang tersedia.

Baca juga: Apple Rilis Memoji sebagai Pesaing AR Emoji Samsung

 

Di antaranya mencakup warna kulit, bentuk kepala, model rambut, alis, mata, mulut, telinga, hingga menghiasi wajah dengan lipstik dan kacamata, serta kepala dengan topi.

Apabila sudah selesai mengotak-atik kesepuluh elemen wajah tadi, maka pengguna bisa menyelesaikan pembuatan Omoji dengan meng-klik tanda "centang" di pojok kanan atas tampilan aplikasi.

Untuk memakai Omoji, pengguna bisa meng-klik tombol "Use Omoji" dan klik menu "Customize Omoji".

Ilustrasi langkah menggunakan fitur Omoji.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi langkah menggunakan fitur Omoji.

Omoji tersebut bisa menghasilkan sebuah gambar yang sesuai dengan ekspresi pengguna, begitu juga warna latar belakangnya, dengan meng-klik tombol shutter yang berada di deretan pilihan warna, usai meng-klik menu "Customize Omoji" tadi.

Baca juga: Oppo ColorOS 12 Resmi Meluncur, Ini Fitur Barunya

Adapun video dari Omoji bisa dihasilkan dengan cara menekan tombol shutter selama beberapa detik (maksimal 30 detik).

Hasil jepretan atau rekaman Omoji lantas akan disimpan di galeri ponsel. Untuk menggunakannya sebagai profile picture atau unggahan di platform media sosial, maka pengguna bisa memilih Omoji yang sudah tersimpan di galeri tadi lewat aplikasi yang hendak dipakai.

Menariknya, pengguna bisa membuat banyak Omoji dengan berbagai aksesori dan ekspresi wajah sesuai dengan suasana hati saat ini. Apabila sedang sedih, maka pengguna bisa menghasilkan emoji sedih dengan menjepret foto wajah mereka yang sedang sedih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com