Telegram Bisa Edit Typo di Pesan yang Sudah Terkirim, Begini Caranya

Kompas.com - 09/10/2021, 08:02 WIB
Telegram menyediakan berbagai fitur untuk menjaga privasi. Unsplash/Christian WiedigerTelegram menyediakan berbagai fitur untuk menjaga privasi.

KOMPAS.com - Typo alias salah tik saat berkirim pesan instan adalah salah satu kebiasaan yang cukup menjengkelkan. Apalagi kalau kesalahan itu bisa menyebabkan perubahan makna sehingga menjadi berbeda dibanding tujuan awalnya.

Untuk membantu penggunanya mengatasi persoalan tersebut, aplikasi Telegram menyediakan fitur khusus untuk memperbaiki typo ketika berkirim pesan. Fitur ini bernama "edit message" dan sudah hadir sejak 2016.

Baca juga: WhatsApp Down, Telegram Ketambahan 70 Juta Pengguna Baru

Dengan adanya fitur edit, pengguna bisa memperbaiki typo pada pesan yang ada di ruang obrolan grup atau perorangan, meski pesan itu sudah dibaca oleh penerima pesan, termasuk anggota/admin grup.

Namun, ada batas waktu yang diberlakukan pada fitur edit pesan ini. Sebagaimana dihimpun dari akun Twitter resmi Telegram dengan handle @telegram, pengguna hanya bisa menyunting pesan maksimal dalam dua hari atau 48 jam setelah pesan tersebut terkirim.

Cara edit pesan Telegram yang sudah terkirim.

Editing pesan yang sudah terkirim bisa dilakukan di aplikasi Telegram di Android dan iOS, serta desktop. Langkah-langkahnya sebagai berikut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari How to Geek, Sabtu (9/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Buka ruang obrolan Telegram
  • Pilih pesan yang ingin diedit
  • Untuk pengguna Telegram di iPhone dan Android, tekan dan tahan bubble pesan yang ingin diedit. Sementara itu, untuk pengguna Telegram desktop, klik kanan pada bubble pesan yang ingin diubah.
  • Nantinya akan muncul ikon atau menu pop-up "edit" 
  • Pilih menu atau ikon "edit" tersebut
  • Lalu, pengguna tinggal perbaiki isi pesan sesuai keinginan
  • Bila sudah selesai diedit, klik tanda "centang biru" 

Dengan begitu, pesan yang mengandung typo tadi sudah berhasil diperbaiki. Nantinya, setiap pesan Telegram yang diedit akan diberi label keterangan "edited", menandakan bahwa pesan tersebut sudah mengalami perubahan.

Baca juga: Telegram Sindir Fitur Baru WhatsApp

Setelah disunting, penerima pesan perorangan tidak bisa lagi melihat tulisan awal dari pesan yang bersangkutan. Beda halnya dengan di grup, karena admin tetap dapat melihat pesan asli yang dikirim sebelum diubah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.