Persiapan kalau Facebook, Instagram, dan WhatsApp Down Lagi

Kompas.com - 09/10/2021, 17:45 WIB
Ilustrasi aplikasi Facebook Inc., mencakup Facebook, Instagram, dan WhatsApp. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoIlustrasi aplikasi Facebook Inc., mencakup Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

KOMPAS.com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa Facebook, WhatsApp, dan Instagram merupakan media sosial yang paling banyak digunakan di dunia.

Menurut data statista per September 2021, total pengguna gabungan dari ketiga layanan milik Facebook Inc. itu tercatat mencapai 6,23 miliar pengguna.

Tak heran, saat layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram down selama berjam-jam, membuat pengguna global ikut kalang kabut.

Netizen dari seluruh dunia, termasuk di Indonesia, pun mengeluhkan tak bisa melakukan login, berkirim pesan, mengunggah status, dan sebagainya di tiga layanan Facebook Inc. itu.

Padahal, banyak pengguna yang bergantung dengan Facebook, Instagram, dan WhatsApp untuk berkomunikasi, berjualan, mencari hiburan, dan bekerja.

Maka di saat layanan ketiganya tumbang, tak berlebihan rasanya bila mengatakan bahwa akan ada banyak aktivitas pengguna yang juga akan ikut terganggu bahkan terhenti.

Baca juga: Ketika Facebook Tumbang dan Betapa Bergantungnya Kita pada WhatsApp dan Instagram

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas,apa yang dapat dilakukan pengguna di kala media sosial populer seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram mengalami gangguan?

Menjawab hal ini, Pengamat Gadget Lucky Sebastian mengungkapkan, sebenarnya tidak ada hal yang bisa dilakukan pengguna ketika layanan Facebook dkk. sedang down kemarin. Sebab, gangguan yang terjadi awal pekan ini murni berasal dari kesalahan Facebook.

"Secara teknis kita tidak bisa melakukan apa-apa, selain menunggu layanannya naik lagi," kata Lucky melalui pesan singkat kepada KompasTekno, Kamis (7/10/2021).

Pentingnya medsos cadangan

Meski begitu, menurut Lucky, pengguna bisa melakukan langkah antisipasi agar kegiatan sehari-harinya tidak otomatis ikut terganggu atau terhenti ketika Facebook, Instagram, dan WhatsApp bermasalah lagi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.