Mengenal Data Cache di HP Android dan Cara Menghapusnya

Kompas.com - 10/10/2021, 10:02 WIB
ilustrasi smartphone Androidcc digitaltrends.comilustrasi smartphone Androidcc

KOMPAS.com - Data cache merupakan sebuah data sementara yang didapatkan dari aplikasi yang berjalan di ponsel. Data ini disimpan dalam memori ponsel dan bersifat temporer alias tidak permanen.

Salah satu contoh penggunaan data cache adalah ketika pengguna sedang browsing di internet. Saat sedang mengunjungi sebuah situs di internet, tak jarang pengguna akan menjumpai konten berupa gambar dan video.

Di waktu yang sama saat konten tersebut dimuat, browser akan menyimpan file sementara dari gambar dan video tadi di data cache.

Dengan menyimpan file sementara ini, nantinya browser dapat memuat gambar dan video dengan lebih cepat ketika pengguna hendak melihat konten yang serupa.

Baca juga: Android 12 Resmi Diberi Nama Snow Cone

Alhasil, pengguna dapat menghemat waktu dan konsumsi kuota data karena browser tidak lagi perlu mengunduh file sementara pada gambar dan video yang sudah dilihat sebelumnya.

Meski demikian, data cache yang makin lama makin menumpuk merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan ponsel Android menjadi lambat bekerja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena itu, pengguna disarankan untuk menghapus data cache secara berkala, terutama ketika kinerja ponsel sudah menjadi lamban. Tidak perlu khawatir, menghapus data cache aman dilakukan karena tidak akan menghapus data penting dalam aplikasi.

Nah untuk mengetahui cara menghapus data cache di HP Android, silakan simak langkah-langkah berikut ini.

Cara menghapus data cache di Android

Cara menghapus data cache di ponsel Android.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara menghapus data cache di ponsel Android.

  • Buka menu Settings dan gulir ke bawah hingga menemukan menu Apps.
  • Pada menu Apps, pilih opsi Manage Apps.
  • Cari nama aplikasi yang diinginkan dan pilih opsi Clear Data lalu tekan Clear Cache untuk membersihkan data cache pada aplikasi.

Perlu diperhatikan bahwa cara di atas dapat berbeda-beda pada setiap model ponsel. Pada kesempatan kali ini, KompasTekno menggunakan ponsel Xiaomi Mi 10 yang menjalankan sistem operasi Android 11 dan antarmuka MIUI 12.5.1.

Baca juga: Bocoran Pertama Tampilan Android 12.1

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.