Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Jenis Keyboard Berdasarkan Tipe Konektor dan Susunan Hurufnya

Kompas.com - 10/10/2021, 17:02 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi


KOMPAS.com - 
Keyboard merupakan bagian tak terpisahkan dari komputer laptop maupun PC dektop. Papan ketik ini digunakan untuk berbagai macam hal, mulai dari mengetik di aplikasi, coding, hingga sebagai controller untuk bermain game.

Keyboard yang beredar di pasaran biasanya tersambung ke PC dengan konektor USB dan memiliki layout tombol QWERTY. Tapi ada juga yang menggunakan jenis koneksi atau tata letak tombol berbeda.

Baca juga: Daftar Shortcut Keyboard Chrome di Windows untuk Browsing Lebih Cepat

Nah, untuk lebih jauh mengenal aneka jenis keyboard berdasarkan koneksi dan layout tombolnya, silakan menyimak penjelasan berikut ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Keyboardclack, Minggu (10/8/2021).

Jenis keyboard berdasarkan tipe koneksi

Keyboard USB

Keyboard USB.Tokopedia Keyboard USB.
Keyboard non-wireless saat ini biasanya menggunakan tipe konektor USB yang praktis. Untuk memakainya, pengguna tinggal menancapkan ujung konektor ke port USB manapun di komputer.

Sistem operasi kemudian akan langsung mengenalinya secara otomatis. Beberapa saat kemudian,keyboard pun bisa segera dipakai.

Keyboard gaming yang menggunakan konektor USB biasanya memiliki fitur ekstra berupa polling rate yang bisa ditingkatkan untuk meminimalisir delay input.

Misalnya dari angka standar sebesar 125 Hz menjadi 1.000 Hz. Komputer pun menjadi lebih sering mengecek input USB, dari setiap 8 milidetik (125 Hz) menjadi tiap 1 milidetik sehingga setiap input bisa terdeteksi dengan lebih cepat.

Keyboard wireless

Keyboard wireless Logitech.Carousell Keyboard wireless Logitech.

Keyboard wireless adalah memanfaatkan koneksi Radio Frequency (RF), umumnya Bluetooth, untuk terhubung ke laptop atau PC.

Bluetooth relatif hemat daya sehingga keyboard nirkabel yang menggunakan tipe koneksi ini bisa bertahan berbulan-bulan hanya dengan mangandalkan baterai AAA.

Kelebihan lainnya, keyboard bluetooth bisa disambungkan ke aneka perangkat berbeda seperti smartphone dan tablet, di luar laptop dan PC desktop.

Baca juga: Logitech MX Keys Mini Meluncur, Keyboard Wireless Mungil Warna-warni

Selain bluetooth, beberapa keyboard wireless juga menggunakan teknologi nirkabel proprietary yang dikembangkan sendiri oleh pabrikan yang bersangkutan. 

Biasanya keyboard wireless jenis ini dipasangkan dengan dongle yang ditancapkan di port USB. Misalnya, Unifying Receiver dari Logitech yang bisa menyambungkan beberapa perangkat sekaligus, termasuk mouse dan keyboard.

Keyboard serial

Keyboard Serial.Recycle Goods Keyboard Serial.

Port serial adalah interface jadul yang banyak digunakan di komputer-komputer lawas. Konektor ini antara lain digunakan untuk menyambungkan perangkat input seperti keyboard dan mouse.

Interface serial di komputer biasanya berupa konektor tipe male dengan 9 pin yang diapit baut pengencang di sisi kiri dan kanan.

Dalam perkembangannya, tipe konektor serial digantikan oleh PS/2, kemudian oleh USB hingga sekarang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com