Samsung Galaxy A52 Kedatangan Fitur Penambah RAM

Kompas.com - 11/10/2021, 14:01 WIB
Samsung Galaxy A52 GSM ArenaSamsung Galaxy A52
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Salah satu keistimewaan Samsung Galaxy A52s dibanding Galaxy A52 adalah adanya fitur RAM Plus untuk menambah kapasitas memori utama lewat virtual RAM. Kini, Samsung ikut menghadirkan RAM Plus melalui  pembaruan firmware untuk Galaxy A52.

Sesuai namanya, RAM Plus bisa mengalokasikan sebagian kecil ruang di media penyimpanan (sebesar 4 GB) sebagai RAM virtual.

Cara kerjanya mirip virtual memory di perangkat komputer, yakni sebagai cadangan untuk menampung data aplikasi apabila RAM penuh, sehingga ponsel bisa menjalankan lebih banyak aplikasi secara bersamaan. Kapasitas RAM Galaxy A52 pun menjadi 8 GB + 4 GB.

Menurut Product Marketing Manager, Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, Irfan Rinaldi, saat menjelaskan fitur RAM Plus di Galaxy A52s beberapa waktu lalu, fitur ini bekerja secara otomatis sesuai aplikasi yang dijalankan dan tak bisa diatur manual oleh pengguna.

Baca juga: Membandingkan Samsung Galaxy A52s 5G dan Galaxy A52, Ini Bedanya

Sebab, RAM Plus dikelola oleh kecerdasan (AI) buatan bawaan ponsel. AI akan terus mempelajari rutinitas pemakaian ponsel, terutama saat pengguna menjalankan aplikasi yang rakus resource

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Galaxy A52 sendiri hadir dalam dua pilihan kombinasi RAM dan memori penyimpanan, masing-masing 8 GB/128 GB, 8 GB/256 GB.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Sam Mobile, Senin (11/10/2021), Samsung mengklaim bahwa, fitur RAM Plus juga akan membantu meningkatkan kinerja aplikasi.

Cara mengecek RAM Plus di Ponsel Galaxy

Sebelumnya, fitur RAM Plus sudah hadir lebih dulu untuk sejumlah perangkat seperti Galaxy A52s 5G, Galaxy A52 5G, Galaxy Z Fold 3, dan lini Galaxy S21.

Untuk memastikan kehadiran fitur RAM Plus, pengguna bisa mengecek dengan cara membuka menu "Settings" lalu pilih "Battery and Device Care", kemudian klik opsi "Memory".

Jika tersedia, Anda akan melihat tampilan fitur RAM Plus seperti gambar tangkapan layar (screenshot) di bawah ini.

Fitur penambah RAM, RAM Plus di Galaxy A52SamMobile Fitur penambah RAM, RAM Plus di Galaxy A52

Apabila belum tersedia, misalnya pada Galaxy A52 yang seharusnya memiliki fitur itu, kemungkinan harus sedikit bersabar menunggu lebih lama karena RAM Plus disalurkan secara bertahap melalui update One UI 4.0.

Baca juga: Mengapa Samsung Galaxy A52s yang Diboyong ke Indonesia, Bukan A52 5G?

Selain Samsung, sejumlah vendor smartphone lainnya telah lebih dulu menghadirkan fitur serupa. Oppo misalnya, pabrikan asal China ini mendatangkan fitur bernama RAM Expansion.

Kemudian, ada Vivo yang membawa fitur penambah RAM bernama Extended RAM. Lalu Realme juga turut mendatangkan fitur Dynamic RAM Expansion untuk menambah RAM virtual sebesar 3 GB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber SamMobile
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.