Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy A52 Kedatangan Fitur Penambah RAM

Kompas.com - 11/10/2021, 14:01 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Salah satu keistimewaan Samsung Galaxy A52s dibanding Galaxy A52 adalah adanya fitur RAM Plus untuk menambah kapasitas memori utama lewat virtual RAM. Kini, Samsung ikut menghadirkan RAM Plus melalui  pembaruan firmware untuk Galaxy A52.

Sesuai namanya, RAM Plus bisa mengalokasikan sebagian kecil ruang di media penyimpanan (sebesar 4 GB) sebagai RAM virtual.

Cara kerjanya mirip virtual memory di perangkat komputer, yakni sebagai cadangan untuk menampung data aplikasi apabila RAM penuh, sehingga ponsel bisa menjalankan lebih banyak aplikasi secara bersamaan. Kapasitas RAM Galaxy A52 pun menjadi 8 GB + 4 GB.

Menurut Product Marketing Manager, Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, Irfan Rinaldi, saat menjelaskan fitur RAM Plus di Galaxy A52s beberapa waktu lalu, fitur ini bekerja secara otomatis sesuai aplikasi yang dijalankan dan tak bisa diatur manual oleh pengguna.

Baca juga: Membandingkan Samsung Galaxy A52s 5G dan Galaxy A52, Ini Bedanya

Sebab, RAM Plus dikelola oleh kecerdasan (AI) buatan bawaan ponsel. AI akan terus mempelajari rutinitas pemakaian ponsel, terutama saat pengguna menjalankan aplikasi yang rakus resource

Galaxy A52 sendiri hadir dalam dua pilihan kombinasi RAM dan memori penyimpanan, masing-masing 8 GB/128 GB, 8 GB/256 GB.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Sam Mobile, Senin (11/10/2021), Samsung mengklaim bahwa, fitur RAM Plus juga akan membantu meningkatkan kinerja aplikasi.

Cara mengecek RAM Plus di Ponsel Galaxy

Sebelumnya, fitur RAM Plus sudah hadir lebih dulu untuk sejumlah perangkat seperti Galaxy A52s 5G, Galaxy A52 5G, Galaxy Z Fold 3, dan lini Galaxy S21.

Untuk memastikan kehadiran fitur RAM Plus, pengguna bisa mengecek dengan cara membuka menu "Settings" lalu pilih "Battery and Device Care", kemudian klik opsi "Memory".

Jika tersedia, Anda akan melihat tampilan fitur RAM Plus seperti gambar tangkapan layar (screenshot) di bawah ini.

Fitur penambah RAM, RAM Plus di Galaxy A52SamMobile Fitur penambah RAM, RAM Plus di Galaxy A52

Apabila belum tersedia, misalnya pada Galaxy A52 yang seharusnya memiliki fitur itu, kemungkinan harus sedikit bersabar menunggu lebih lama karena RAM Plus disalurkan secara bertahap melalui update One UI 4.0.

Baca juga: Mengapa Samsung Galaxy A52s yang Diboyong ke Indonesia, Bukan A52 5G?

Selain Samsung, sejumlah vendor smartphone lainnya telah lebih dulu menghadirkan fitur serupa. Oppo misalnya, pabrikan asal China ini mendatangkan fitur bernama RAM Expansion.

Kemudian, ada Vivo yang membawa fitur penambah RAM bernama Extended RAM. Lalu Realme juga turut mendatangkan fitur Dynamic RAM Expansion untuk menambah RAM virtual sebesar 3 GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SamMobile
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com