Axiata dan Sinarmas Disebut Sedang Menjajaki Merger XL-Smartfren

Kompas.com - 11/10/2021, 15:28 WIB
XL Axiata dan Smartfren dirumorkan tengah menjajaki proses merger. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoXL Axiata dan Smartfren dirumorkan tengah menjajaki proses merger.

KOMPAS.com - Dua operator seluler di Indonesia, XL Axiata dan Smartfren, disebut akan mengikuti langkah Indosat Ooredoo-Tri untuk melakukan penggabungan unit usaha alias merger.

Kedua induk perusahaan yakni Axiata Group Bhd (induk XL Axiata) dan Sinarmas Group (induk Smartfren), dikabarkan tengah mempertimbangkan sejumlah opsi, termasuk kesepakatan soal berbagi jaringan kedua perusahaan.

Kabar penjajakan merger XL Axiata-Smartfren ini dilaporkan oleh orang-orang yang familiar dengan isu tersebut kepada Bloomberg.

Menurut sumber tersebut, penggabungan XL Axiata dan Smartfren masih dalam proses pembicaraan, sehingga belum ada kesepakatan untuk merger.

Perwakilan Axiata dan Sinarmas menolak berkomentar terkait isu penggabungan unit usaha telekomunikasi seluler keduanya di Indonesia. Namun, pihak XL Axiata dan Smartfren kompak mengatakan bahwa keduanya terbuka untuk melakukan konsolidasi dengan pihak manapun.

Baca juga: Indosat dan Tri Merger, Ini Nama Baru Perusahaan

"Smartfren terbuka untuk berkonsolidasi atau berkolaborasi dengan pelaku industri lain yang bertujuan untuk efisiensi operasional. Namun, semua pihak harus mendapatkan manfaat yang sama," kata Merza Fachys selaku Presiden Direktur Smartfren, dikutip KompasTekno dari Bloomberg, Senin (11/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Senada dengan Merza, Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini juga mengatakan bahwa perusahaannya selalu terbuka dengan berbagai kemungkinan untuk "berkonsolidasi dengan pihak manapun".

Performa bisnis XL-Smartfren

Adanya kabar merger dari keduanya ikut membuat saham XL Axiata dan Smartfren melonjak. Saham XL Axiata diketahui naik sebanyak 4,5 persen, pada sesi perdagangan Jumat, (8/10/2021). Ini membuat kapitalisasi pasar perusahaan ikut terdongkrak ke angka sekitar Rp 32 triliun.

Sementara itu, saham Smartfren dilaporkan juga melonjak sebanyak 8 persen, dengan nilai perusahaan mencapai sekitar Rp 33 triliun.

Sedikit membahas performa usaha, saat ini, XL Axiata memiliki 56,8 juta pelanggan per 30 Juni, menurut laporan keuangan terbarunya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.