Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vivo X70 Pro Punya IR Blaster, Bisa Jadi Remote TV hingga AC

Kompas.com - 11/10/2021, 19:07 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vivo resmi menghadirkan Vivo X70 Pro sebagai ponsel terbarunya di Indonesia. Smartphone ini dirilis pada Kamis (7/10/2021) lalu, melalui sebuah acara yang disiarkan secara virtual.

Meskipun dirancang khusus untuk penggemar fotografi dan videografi, Vivo X70 Pro turut dibekali sejumlah fitur lain yang berguna, di antaranya infrared (IR) blaster yang bisa digunakan untuk mengendalikan perangkat-perangkat elektronik lain.

IR Blaster itu terletak di bagian atas ponsel, di sisi slogan berbunyi "Professional Photography". Untuk menggunakannya, ponsel mesti diarahkan ke perangkat yang ingin dikendalikan dengan garis pandang (line of sight) yang lurus.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Vivo X70 Pro di Indonesia

Di sisi atas yang memuat slogan Professional Photography terdapat IR blaster sehingga ponsel ini bisa digunakan sebagai remote control aneka perangkat elektronik lain seperti televisi dan AC.KOMPAS.com/Oik Yusuf Araya Di sisi atas yang memuat slogan Professional Photography terdapat IR blaster sehingga ponsel ini bisa digunakan sebagai remote control aneka perangkat elektronik lain seperti televisi dan AC.
Sebuah aplikasi bernama Smart Remote ikut disertakan untuk mendukung keperluan ini. Vivo X70 Pun bisa berperan layaknya remote control untuk aneka piranti home appliance yang menggunakan antarmuka IR, mulai dari TV, set top box, hingga AC dari berbagai merek.

Dari pengalaman KompasTekno menjajalnya, Senin (11/10/2021), Vivo X70 Pro bisa digunakan dengan mudah untuk mengendalikan AC, termasuk menaik-turunkan suhu serta mengatur kecepatan fan.

Demikian juga saat dijajal dengan sebuah smart TV Android. Aplikasi Smart Remote bisa mengakses berbagai fungsi, mulai dari memilih sumber input, berpindah channel, mengatur volume, hingga fungsi playback di aplikasi YouTube.

Ponsel ini pun dapat digunakan sebagai pengganti remote piranti lain sehingga praktis, misalnya apabila remote kehabisan baterai.

Tampilan utama aplikasi Smart Remote Vivo X70 Pro (kiri) berisi kategori-kategori perangkat yang bisa dikendalikan lewat IR Blaster. Ponsel ini bisa digunakan untuk mengendalikan televisi (kanan) hingga AC (tengah.  KOMPAS.com/ OIK YUSUF Tampilan utama aplikasi Smart Remote Vivo X70 Pro (kiri) berisi kategori-kategori perangkat yang bisa dikendalikan lewat IR Blaster. Ponsel ini bisa digunakan untuk mengendalikan televisi (kanan) hingga AC (tengah.

Spesifikasi Vivo X70 Pro

Vivo X70 Pro dilengkapi dengan layar E5 AMOLED Display berukuran 6,56 inci yang mendukung resolusi Full HD Plus dan refresh rate 120 Hz.

Kembali menggandeng pabrikan lensa asal Jerman, yakni Zeiss, Vivo merancang X70 Pro dengan mengunggulkan aspek fotografi.

Empat kamera belakang Vivo X70 Pro terdiri darikamera utama 50MP Ultra-Sensing Gimbal Camera (Sony IMX766V), kamera portrait 12MP (Sony IMX663), kamera ultrawide 12MP (dengan fitur macro 2,5 cm), dan kamera periskop 8MP (5x Optical Zoom, 60x Hybrid Zoom).

Di bagian depan, terdapat kamera selfie 32 MP yang ditampung di dalam sebuah punch hole.

Baca juga: Mengenal Teknologi Kamera Terbaru di Vivo X70 Pro

Sektor hardware ponsel ini mengandalkan chip MediaTek Dimensity 1200 yang dipadankan dengan RAM 12 GB dan media penyimpanan 256 GB. Vivo turut menghadirkan fitur Extended RAM 2.0 utuk menambah virtual RAM sebesar 4 GB.

Sektor daya Vivo X70 Pro ditopang dengan baterai 4.450 mAh yang sudah mendukung teknologi pengisian cepat FlashCharge 44 Watt.

Ponsel yang menjalankan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka Funtouch OS 12 khas Vivo ini sudah bisa dipesan lewat pre-order hingga tanggal 14 Oktober mendatang di toko online Tokopedia dan toko-toko resmi Vivo. Banderol harganya adalah Rp 10.999.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com