Alat Mirip Nintendo Gameboy Dipakai Maling Bobol 5 Mobil

Kompas.com - 12/10/2021, 07:46 WIB
Barang bukti konsol Nintendo yang digunakan komplotan pencuri untuk membobol lima kendaraan mobil Mitsubishi Outlander. West Yorkshire PoliceBarang bukti konsol Nintendo yang digunakan komplotan pencuri untuk membobol lima kendaraan mobil Mitsubishi Outlander.


KOMPAS.com -
Bentuknya mirip konsol game handheld Nintendo Gameboy, tapi alat ini sesungguhnya merupakan perangkat canggih yang digunakan untuk mencuri kendaraan.

Dengan bantuan alat itulah komplotan pencuri di West Yorkshire, Inggris, membawa kabur lima unit mobil Mitsubishi Outlander bernilai 180.000 poundsterling atau sekitar Rp 3,4 miliar.

Tiga orang anggota komplotan berhasil dibekuk oleh pihak kepolisian setempat pada Juli lalu. Mereka mengaku bersalah melakukan aksi kejahatan.

Baca juga: iPhone Bisa Jadi Kunci Mobil, Bagaimana Jika Baterainya Habis?

Rekaman CCTV memperlihatkan bahwa komplotan maling bisa membuka kunci pintu mobil, menyalakan mesin, lalu melarikan kendaraan curiannya dalam hitungan detik. Rahasianya terletak pada alat mirip konsol Gameboy tadi yang bisa menipu mobil sehingga mengiranya sebagai kunci.

Lewat sebuah video di akun TikTok @malwaretech, pakar keamanan siber Marcus Hutchins menjelaskan cara kerja alat tersebut bukan dengan menggandakan (cloning) kunci wireless mobil, tapi menghubungkan kunci dengan kendaraan meskipun jaraknya jauh.

"Jadi, mereka menempatkan satu alat di dekat pintu (pemilik rumah) sehingga bisa menangkap sinyal dari kunci, dan satu lagi di dekat mobil untuk menangkap sinyal dari mobil," terang Hutchins. Kedua alat pencuri ini saling terkoneksi secara nirkabel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

@malwaretech

Reply to @ancspace Rather than cloning the key they typically use an amplification + relay attack to extend the key’s range ##hacking ##tech ##security

? original sound - Marcus Hutchins


Kunci dan kendaraan pun terhubung melalui perantara alat pencuri. Mobil tertipu mengira bahwa kunci sedang ada di dekatnya sehingga pintu bisa dibuka dan mesin bisa dinyalakan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PC Gamer, Selasa (12/10/2021).

Polisi mengatakan bahwa alat pencuri kendaraan yang ditemukan di mobil komplotan pencuri saat mereka dibekuk tersebut berharga mahal, sekitar 20.000 poundsterling atau Rp 388 juta. Bentuknya kemungkinan sengaja dibuat mirip Gameboy agar tidak mencurigakan.

Baca juga: Samsung Kunci Smart TV yang Dijarah Demonstran

Menurut Hutchins, ada langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah pencurian mobil semacam ini.

Caranya adalah dengan membungkus kunci dengan aluminium foil yang befungsi serupa Faraday Cage. Sinyal radio dari kunci pun terblokir sehingga  tak bisa disadap oleh alat pencuri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.