Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misteri Keberadaan Jack Ma di Hong Kong

Kompas.com - 13/10/2021, 10:01 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendiri Alibaba Group, Jack Ma tampaknya masih membatasi diri untuk tampil di publik, pasca mengkritik pemerintah China Oktober 2020 lalu. Bahkan, keberadaan orang nomor satu di Alibaba Group itu sendiri hingga saat ini masih menjadi misteri.

Meski demikian, sebuah media berita lokal Hong Kong, TheStandard, mengklaim bahwa Jack Ma kini sedang "berkeliaran" di wilayah tersebut.

Menurut dua sumber yang berbicara kepada media lokal itu, Ma terpantau sedang berada di pusat kota Hong Kong pada 1 Oktober lalu.

Tidak disebutkan apa yang dilakukan Ma di Hong Kong, begitu juga tempat spesifik yang ia kunjungi, dan sejak kapan sebenarnya ia sudah di daerah otonom tersebut.

Yang jelas, apabila kabar ini akurat, kehadiran Ma di Hong Kong sejatinya bakal menepis rumor yang berseliweran selama ini, yang mengklaim bahwa dia dilarang bepergian ke luar mainland China karena "perseteruannya" dengan pemerintah setempat.

Baca juga: Perusahaan Jack Ma Bakal Dinasionalisasi China, Apa Artinya?

Terlepas dari itu, informasi kemunculan Ma di Hong Kong ini tampaknya meningkatkan sentimen publik dan investor.

Sebab, harga saham Alibaba Group sempat naik 18 persen pada pembukaan perdagangan Senin (4/10/2021) ke angka 167 dolar Hong Kong (sekitar Rp 304.000).

Padahal, saat perdagangan Kamis (30/9/2021), harga saham hanya mentok di angka 142 dolar Hong Kong (sekitar Rp 268.000) saja.

Baca juga: Profil Jack Ma, Pendiri Marketplace Alibaba yang Ternyata Gaptek

"Menghilang" sejak mengkritik pemerintah China

Sebagai informasi, kehadiran Jack Ma di ruang publik sangat berkurang, pasca ia mengkritik pemerintah China tentang regulasi finansial dan perbankan di Negeri Panda dalam sebuah pidato di Shanghai, 24 Oktober 2020 lalu.

Saat itu, Jack Ma menilai regulasi yang berlaku mengekang inovasi dan perlu direformasi. Setelah kritikan tersebut, anak perusahaan Alibaba Group, Ant Group juga gagal melantai di bursa saham.

Setelah dikabarkan hilang, orang-orang mulai mencari keberadaan Jack Ma setelah dirinya tidak menghadiri acara final Africa's Business Heroes, sebuah reality show buatannya.

Dalam acara itu, Jack Ma berperan sebagai juri, namun posisinya diganti oleh eksekutif Alibaba lain.

Sebelum terpantau sedang berada di Hong Kong, Jack Ma sendiri sempat muncul di ruang publik sebanyak beberapa kali, pasca ia disebut "menghilang" pada Oktober 2020 lalu.

Pada Januari lalu, ia muncul untuk pertama kalinya di sebuah konferensi video dalam acara penghargaan Jack Ma Rural Teachers Award.

Baca juga: Ini Video 50 Detik Penampakan Jack Ma Setelah Menghilang 3 Bulan

Kemudian pada April lalu, ia mendatangi sebuah acara di kantor Alibaba, sesaat setelah perusahaan tersebut didenda 18,2 miliar yuan (sekitar Rp 40 triliun).

Lalu pada awal September lalu, Ma juga sempat muncul ke publik dan mengunjungi sebuah peternakan milik Alibaba di provinsi Zhejiang, China, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheStandard, Rabu (13/10/2021).

Baca juga: Ternyata Ini yang Dilakukan Jack Ma Saat Menghilang 3 Bulan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com