Google Luncurkan Platform Belajar Online Teknologi Cloud

Kompas.com - 13/10/2021, 12:55 WIB
ilustrasi Google Office The New York Timesilustrasi Google Office

KOMPAS.com - Google resmi meluncurkan Google Cloud Skills Boost, sebuah platform pembelajaran online, pengembangan keterampilan, dan sertifikasi terpusat untuk keterampilan Google Cloud.

Platform baru ini adalah bentuk insisiatif Google untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan sumber daya manusia (SDM) terhadap Google Cloud di tengah era transformasi digital seperti saat ini.

Mengingat, menurut sebuah survei yang dikutip Google, keterampilan soal komputasi awan pada SDM perusahaan masih kurang. Padahal di sisi lain, mayoritas pemimpin TI mengungkapkan bahwa mereka ingin memperluas layanan cloud mereka di masa mendatang.

Di era transformasi digital yang mengandalkan teknologi cloud ini, kata Google, SDM perusahaan akan menjadi penggeraknya. Maka dibutuhkan SDM yang memiliki keterampilan yang dapat menerapkan dan mengelola teknologi cloud skala besar, hingga pengembangan aplikasi, keamanan, serta arsitektur cloud.

Kurangnya keterampilan dan pengetahuan soal cloud pada SDM justru akan menjadi penghambat pertumbuhan layanan cloud dari perusahaan tersebut. Untuk meminimalisir hambatan tersebut, diluncurkanlah platform Google Cloud Skills Boost.

Ilustrasi cloud computingist Ilustrasi cloud computing
Melalui platform baru ini, Google menargetkan dapat membekali lebih dari 40 juta SDM dengan keterampilan Google Cloud.

Baca juga: Google Gelar Program Pelatihan Untuk Developer Game Indie

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Platform ini dikelola langsung oleh Google Cloud, begitu pun dengan materi pembelajaran atau pelatihan yang disajikan.

Misalnya, ada pelatihan Getting Started with Google Kubernetes Engine (Mulai Menggunakan Google Kubernetes Engine), How Google Does Machine Learning (Cara Google Mengerjakan Machine Learning), Preparing for the Professional Cloud Architect Certification Exam (Bersiap untuk Ujian Sertifikasi Arsitek Cloud Profesional), dan banyak lagi.

"Google Cloud Skills Boost akan memberikan akses ke lebih dari 700 lab praktik, kursus berbasis peran, badge keahlian, dan materi sertifikasi, termasuk 16 jalur pembelajaran baru yang tersedia on-demand secara global," kata Google.

Pada saat peluncuran, konten masih tersedia dalam bahasa Inggris dan Jepang saja. Namun, bahasa lain akan segera didukung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.