Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komputer AMD Ryzen Lambat di Windows 11, Tunggu "Obatnya" 19 Oktober

Kompas.com - 13/10/2021, 19:20 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber WCCF Tech

KOMPAS.com - Belum lama ini, komputer dengan prosesor AMD Ryzen yang menjalankan Windows 11 dilaporkan mengalami penurunan kinerja hingga mencapai 15 persen.

Penurunan kinerja itu dipicu oleh dua persoalan, yaitu latency cache level-3 (L3) dan UEFI CPPC2. Namun kabar baiknya, dua persoalan itu dilaporkan sudah berhasil diatasi oleh Mircosoft dan update perbaikannya sudah siap digelontorkan ke pengguna.

Menurut laporan outlet media WCCFTech, AMD akan mendistribusikan update software untuk mengatasi dua persoalan tadi dalam dua tahap.

Pertama, update untuk masalah latency cache level-3 (L3) ditargetkan akan digelontorkan melalui Windows Update pada 19 Oktober mendatang.

Sementara untuk persoalan UEFI CPPC2, update perbaikannya sedang dalam proses rilis dan ditargetkan tersedia untuk umum pada 21 Oktober.

"Jika update perbaikan UEFI CPPC2 diperlukan sebelum jadwal ketersediaan umum, AMD dapat membagikannya secara langsung ke pelanggan berdasarkan permintaan," tulis AMD, sebagaimana dikutip KompasTekno dari WCCFTech, Rabu (13/10/2021).

Baca juga: Cara Download Windows 11 Tanpa Perlu Menunggu Update

Dua persoalan yang bikin lemot

Dalam sebuah posting laman support di situs web resminya, AMD menyebutkan komputer AMD Ryzen yang menjalankan Windows 11 mengalami penurunan kinerja karena dua hal.

Pertama, karena latency cache level-3 (L3) di prosesor yang meningkat hingga tiga kali lebih lama dibanding biasanya ketika komputer menjalankan Windows 11. Efeknya, menurut AMD, kinerja saat menjalankan aplikasi menurun antara 3 hingga 5 persen.

Dampak masalah ini lebih kentara saat komputer menjalankan game. AMD mengatakan penurunan kinerja bisa mencapai 10-15 persen di game e-sports.

Permasalahan kedua berkaitan dengan sistem pemilihan inti CPU yang diprioritaskan untuk menjalankan aplikasi (preferred core). Dampaknya, performa aplikasi yang sensitif terhadap kinerja atau beberapa thread CPU bisa ikut terpengaruh.

Problem kedua ini lebih spesifik ditemukan di prosesor dengan jumlah core CPU lebih dari 8 buah dan TDP di atas 65 watt.

Baca juga: Cara Bypass TPM untuk Install Windows 11

Komputer AMD yang terdampak

Prosesor AMD yang kemungkinan terdampak salah satu atau kedua masalah di atas mencakup seri Ryzen 2000, 3000, 4000, hingga 5000 Series, juga lini Epyc dan Athlon.

Selain itu, CPU AMD Epyc untuk komputer data center, serta sejumlah CPU seri Athlon terbaru juga turut terdampak, sebagaimana dirangkum dari Tom's Hardware. Daftar lengkapnya bisa disimak di tautan ini.

Baca juga: Ada Celah Keamanan Berbahaya, Pemilik Laptop AMD Ryzen Wajib Update

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber WCCF Tech
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com