Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Voice Note WhatsApp Bakal Punya Tombol Play dan Pause

Kompas.com - 14/10/2021, 07:30 WIB
Conney Stephanie,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Pesan suara alias voice note merupakan salah satu fitur WhatsApp yang membuat komunikasi menjadi lebih mudah. Fitur ini berguna untuk mempercepat respons tanpa perlu repot mengetik teks secara manual.

Apabila ingin mengirim voice note, pengguna WhatsApp harus menahan ikon mikrofon selama perekaman berlangsung, tanpa bisa melakukan jeda untuk kemudian melanjutkan rekaman pesan suara tersebut.

Namun, tak lama lagi, pengguna WhatsApp kemungkinan bakal bisa menjeda perekaman dan mendengarkan isi voice note tersebut (preview), sebelum pesan suara itu dikirim.

Kabar ini terendus oleh WABetaInfo, yang kerap memberi bocoran fitur-fitur WhatsApp dengan akurat, sebelum resmi meluncur.

Berdasarkan penelusuran WABetaInfo, ada serangkaian kode API WhatsApp beta versi 2.21.21.6 (Android) dan iOS yang mengindikasikan bahwa WhatsApp tengah mempersiapkan fitur bernama Pause Voice Recordings untuk memutar dan menjeda perekaman sebelum mengirim pesan suara.

Dalam video berdurasi sekitar 19 detik, WABetaInfo memperlihatkan cara kerja fitur Pause Voice Recordings tersebut.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna cukup menekan tombol perekaman suara di samping kanan (ikon mikrofon hijau) kolom chat, lalu geser ke atas (swipe) untuk mengunci mikrofon.

WhatsApp pun akan mengunci perekaman, sehingga pengguna dapat merekam suara tanpa perlu menahan tombol mikrofon.

Jika sudah selesai merekam, pengguna akan melihat tombol "Play" untuk memutar isi pesan suara tadi (preview) dan "Pause" untuk menjeda perekaman.

Apabila dirasa masih kurang, pengguna WhatsApp bisa mengulang atau melanjutkan perekaman, sebelum pesan suara itu dikirim.

Baca juga: Cara Transfer Isi Percakapan WhatsApp dari iPhone ke Android

Selama ini, pengguna WhatsApp harus menekan dan menahan tombol mikrofon dengan jari untuk melakukan perekaman. Proses perekaman suara hanya akan terus berjalan selagi jari masih berada di tombol, sehingga tidak bisa lepas tangan.

Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu khawatir apabila melakukan kesalahan pengucapan kalimat, atau kata-kata yang ingin dikirim melalui voice note.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Kamis (14/10/2021), WhatsApp hingga kini belum memastikan kapan fitur ini akan diluncurkan secara resmi kepada publik.

Baca juga: Cara Membuat WhatsApp Web Blur, Tidak Bisa Diintip

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com