Resmi, Backup Chat WhatsApp di Google Drive dan iCloud Dijaga Enkripsi "End to End"

Kompas.com - 15/10/2021, 10:55 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp merilis fitur perlindungan pesan yang dicadangkan (backup chat) dengan sistem keamanan enkripsi dari ujung ke ujung.

Fitur ini sebenarnya sudah diuji coba pada Juli lalu tetapi baru resmi dirilis untuk seluruh pengguna mulai hari ini, Jumat (15/10/2021).

"Mulai hari ini, kami memberikan ekstra, lapisan keamanan opsional untuk melindungi cadangan chat yang disimpan di Google Drive atau iCloud dengan enkripsi dari ujung ke ujung," tulis WhatsApp dalam pengumumannya di laman resmi Facebook.

Sistem keamanan enkripsi dari ujung ke ujung (end-to-end encryption/E2EE) menjadi andalan WhatsApp untuk melindungi chat penggunanya.

Sistem itu diklaim bisa melindungi chat sejak saat dikirim hingga diterima agar tidak diintip oleh pihak ketiga mana pun, termasuk WhatsApp.

Dengan demikian, secara teori hanya si pengirim dan penerima saja yang bisa membaca pesan. Akan tetapi, sistem keamanan E2EE hanya digunakan untuk melindungi pesan di dalam WhatsApp saja.

Ketika pengguna mencadangkan (backup) chat ke Google Drive atau iCloud, chat tidak dilindungi oleh enkripsi dari ujung ke ujung. Celah tersebut bisa dimanfaatkan penyusup untuk mengintip isi pesan.

Kini, backup chat yang berisi pesan, foto, dan video tersebut sudah kebagian fitur enkripsi. Sama amannya seperti obrolan chat antar-pengguna.

Hanya saja, dari pantauan KompasTekno, fitur cadangkan chat dengan enkripsi dari ujung ke ujung ini belum merata ke seluruh pengguna.

WhatsApp sesumbar bahwa belum ada aplikasi perpesanan global yang memiliki sistem keamanan hingga level ini. Seperti yang disebutkan oleh WhatsApp, fitur ini bersifat opsional.
Artinya, pengguna bisa mengaktifkan dan menon-aktifkan secara manual.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.