Update Pertama Windows 11 Malah Bikin PC AMD Ryzen Makin Lambat

Kompas.com - 18/10/2021, 13:07 WIB
Ilustrasi AMD Ryzen. GizmochinaIlustrasi AMD Ryzen.

KOMPAS.com - Komputer dengan prosesor AMD Ryzen dilaporkan mengalami penurunan kinerja semenjak berjalan di sistem operasi terbaru Windows 11. AMD melaporkan, salah satu pemicu penurunan kinerja tersebut adalah permasalahan latency cache level-3 (L3).

Kabar terbaru, update pertama Windows 11 yang digelontorkan pada 12 Oktober lalu malah justru memperparah masalah latency cache L3 sehingga membuat komputer AMD Ryzen semakin lemot dari sebelumnya.

Hal ini terungkap dari laporan outlet media TechPowerUp. Dalam laporannya, TechPowerUp mengaku telah mengukur latency cache L3 di komputer dengan prosesor Ryzen 7 2700X dalam tiga kondisi yang berbeda.

Baca juga: Windows 11 Bikin Lemot Komputer dengan Prosesor AMD Ryzen

Pertama, TechPowerUp mengukur latency cache L3 pada Ryzen 7 2700X sekitar 10ns. Kedua, bila diukur dengan komputer yang sama tapi yang sudah menjalankan Windows 11 terbaru, latency cache L3 meningkat hingga 17ns.

Ketiga, latency cache L3 semakin tinggi hingga mencapai 31,9nm saat diukur di Windows 11 yang sudah melakukan update pertama pada 12 Oktober lalu. Angka latensi tiga kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi pertama.

Dari pengukuran tersebut, TechPowerUp berkesimpulan bahwa update pertama Windows 11 ini justru membuat komputer dengan prosesor AMD Ryzen semakin lemot, terlihat dari angka lantensi yang semakin tinggi, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (18/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasil pengukuran latency cache L3 di komputer AMD Ryzen7 2700X dengan Windows 11.TechPowerUp Hasil pengukuran latency cache L3 di komputer AMD Ryzen7 2700X dengan Windows 11.
"Obat" hadir 19 Oktober

Selain dipicu karena latency cache L3, penurunan kinerja ini juga terjadi karena persoalan UEFI CPPC2.

Namun kabar baiknya, dua persoalan itu dilaporkan sudah berhasil diatasi oleh Mircosoft dan update perbaikannya sudah siap disalurkan ke pengguna.

Menurut laporan outlet media WCCFTech, AMD akan mendistribusikan update software untuk mengatasi dua persoalan tadi dalam dua tahap.

Baca juga: Komputer AMD Ryzen Lambat di Windows 11, Tunggu Obatnya 19 Oktober

Pertama, update untuk masalah latency cache L3 ditargetkan akan disalurkan melalui Windows Update pada 19 Oktober mendatang.

Sementara untuk persoalan UEFI CPPC2, update perbaikannya sedang dalam proses rilis dan ditargetkan tersedia untuk publik pada 21 Oktober.

"Jika update perbaikan UEFI CPPC2 diperlukan sebelum jadwal ketersediaan umum, AMD dapat membagikannya secara langsung ke pelanggan berdasarkan permintaan," tulis AMD, sebagaimana dilaporkan oleh WCCFTech.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.